E-Order Dapat Tumbuhkan Perekonomian Usaha Kecil

Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Program e-Order atau pasar online bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menyediakan barang dan jasa secara daring.

Demikian dikatakan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan target sasaran khusus wali kota tentang pemanfaatan sistem e-Order, di Ruang Pola kantor wali kota setempat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Selasa (21/4).

"E-Order atau pasar online merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan warganya. Di mana warga DKI menjadi co-creator atau terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan. Adanya program e-Order semua bisa terkoneksi  dengan para pelaku usaha kecil yang ada di pasar online. Jadi kita bisa memesan dan melakukan transaksi melalui online kepada pelaku UMKM," jelas Iqbal didampingi Kabag Kepegawaian Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik (KKPP) Jakarta Pusat, Martua Sitorus.

Menurutnya dengan adanya e-Order yang diuntungkan semuanya. Sehingga Pemerintah DKI Jakarta menjadi mudah mendapatkan apa yang dibutuhkan tapi juga warga masyarakat luas akan merasakan peningkatan kualitas dari sistem kompetitif di pasar online.

Nantinya, lanjut Iqbal, ini juga menjadi target sasaran khusus dalam perjanjian kinerja Wali Kota Jakarta Pusat dengan konsolidasi pemanfaatan sistem e-Order di tingkat Setko, kecamatan, dan kelurahan.

"Ini menjadi target sasaran khusus dalam perjanjian kinerja Wali Kota Jakarta Pusat dengan konsolidasi pemanfaatan sistem e-Order. Targetnya gak main-main nih 100 persen per tri wulan," ungkapnya.

Untuk itu, kata Iqbal, bagian-bagian dilingkungan Setko, kecamatan dan kelurahan agar memanfaatkan sistem e-Order dalam pengadaan belanja makanan dan minuman.

"Apabila karena satu dan lain hal tidak bisa menggunakan e-Order untuk pengadaan maka menyertakan alasan pengecualian dalam laporan," katanya.

Iqbal juga mengharapkan para camat dan lurah supaya memanfaatkan betul moment ini baik yang mendengar secara langsung atau yang melalui online untuk didisksusikan terkait e-Order.

"Jangan sampai forum ini selesai masih ada peserta yang mengganjel," tambahnya.

Sementara itu, acara ini dilanjutkan penjelasan materi mengenai e-Order yang disampaikan Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa DKI Jakarta Andri kepada para peserta. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait