Kupilah Sampah di RW 03 Cempaka Putih Timur

Pengolahan plastik di RW 03 Cempaka Putih Timur pada peringatan HPSN. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Kampung Hijau Berseri juga dinobatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai RW percontohan yang telah mengurangi sampah dari tingkat rumah tangga melalui program yang digulirkan Pemprov, yakni Samtama atau Sampah Tanggung Jawab Bersama. Pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan di RW 03 Cempaka Putih Timur dengan tema ‘Kurangi, Pilah, dan Olah’ (Kupilah), Jumat (21/02).

Sebagai kampung percontohan, di setiap sudut gang terdapat tempat sampah meyerupai kandang dengan ram kawat yang berisi aneka botol plastik bekas kemasan minuman, pelumas, pembersih lantai, sabun dan lainnya. Tempat tersebut merupakan penampungan sementara kegiatan sedekah plastik bagi warga yang telah memilah sampah plastik rumah tangga.

Seminggu sekali, warga memilah botol dengan memisahkan tutup, mengelupas plastik merek kemasan, dan di tekan dengan tangan untuk selanjutnya dikumpulkan dalam karung besar kemudian diambil pengumpul limbah plastik.

Siti Rodiah warga Cempaka Putih Timur RW 03 mengatakan, sudah menggeluti pemilahan sampah bersama warga dari tahun 2016. Bank sampah Jingga RW 03 yang dikelola dirinya dengan beranggotakan 20 orang yang terdiri dari warga sekitar. Pengelolaan sampah yang dilakukan seperti pemilahan botol-botol minum plastik, kardus, dan kaleng-kaleng. Nantinya akan dijual kepengepul. 

"Nanti uang hasil penjualan digunakan untuk kegiatan sosial warga. Konsepnya bukan bank sampah, tetapi menyumbang atau sedekah sampah agar warga merasa berkontribusi untuk penghijauan dan juga pengelolaan lingkungan kampung hijau dengan sampah," jelas Siti.

Selain sampah plastik, sampah rumah organik juga dipisahkan untuk diolah menjadi kompos menggunakan komposter. Ada juga pengolahan sampah organik menjadi kompos dengan memanfaatkan larva lalat jenis Black Soldier Fly, atau dikenal dengan metode maggot. Kompos digunakan untuk pupuk tanaman milik warga. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait