Sebanyak 231 Abnon Jakpus Tahun 2020 Ikut Seleksi

Seleksi Abang dan None Jakarta Pusat Tahun 2020. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 231 peserta Abang dan None (Abnon) Jakarta Pusat Tahun 2020 hari ini mengikuti tahap seleksi yang berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Sabtu (22/02).

Adapun tema yang diangkat pada pemilihan Abang dan None Tahun 2020 ini, 'Pemuda Bersinergi Majukan Pariwisata'.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Bayu Meghantara yang membuka acara secara simbolis dengan memukul gong, didampingi Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi, Bidang Pengetahuan Pemerintah Pusat dan Daerah Denny Ramdany, Bidang Kepariwisataan Robert Silalahi yang bertugas sebagai Ketua Dewan Juri dan Dewan Juri lainnya yang berasal dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Bayu menyampaikan dengan banyaknya generasi muda yang mengenal dan mencintai kebudayaan Betawi, dapat membentengi diri dalam menghadapi pengaruh globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan Pemkot Jakpus yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda agar berpastisipasi aktif menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah DKI Jakarta khususnya mempromosikan potensi pariwisata Jakarta," jelasnya.

Selain sebagai Duta Pariwisata, Bayu menambahkan, Abang None Jakarta juga memiliki tugas sebagai Duta Budaya untuk memotivasi kalangan muda dalam melestarikan budaya lokal Jakarta yaitu budaya Betawi sebagai identitas jati diri bangsa.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septiadi menyematkan harapan kepada para peserta Abang None Jakarta Pusat tahun ini.

“Abang None agar bisa menjadi duta pariwisata, berwawasan luas, bisa berkomunikasi, mempromosikan pariwisata Jakarta khususnya Jakarta Pusat,” ungkapnya.

Menurut Irwan, para peserta Abang None hari ini pun terlihat antusias mengikuti tahapan seleksi yang telah dijadwalkan.

Sementara itu, Revi salah satu peserta seleksi Abnon Tahun 2020 mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan diri dan menambah pengetahuan mengenai pemerintahan dan pariwisata.

Untuk diketahui, seleksi awal pemilihan Abnon ini berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dan penilaian penampilan yang dilanjutkan dengan tahapan interview atau wawancara dari delapan orang dewan juri yang pakar di bidangnya.

Selanjutnya pada tahap kedua di keesokan harinya yang menghasilkan 30 orang finalis atau 15 pasang Abang None yang akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari outbond, psikotest, latihan menari, blocking fashion show, cara menggunakan kostum kebesaran Abang None, teknik membawa acara/MC, serta keprotokolan, dan bakti sosial.

Kegiatan akan diakhiri dengan penentuan predikat Abang None Jakarta Pusat pada malam final yang akan berlangsung pada tanggal 3 April 2020 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) mendatang. (As)

Kominfotik JP/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait