Sudin KPKP Panen Sayuran di Halaman Rumah Milik Warga

Sudin KPKP panen sayur dihalaman rumah milik warga. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Pertanian perkotaan atau urban farming semakin menjadi tren belakangan ini. Seperti yang dilakukan Lombok Farmhouse di wilayah Kecamatan Menteng.

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) mengadakan panen sayuran hidroponik pokcoy dan samhong, di lahan urban farming atau pertanian perkotaan, Lombok Farmhouse, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/2).

Kegiatan ini dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati didampingi Plt Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kota Administrasi Jakarta Pusat Mujiati, Kasetpel KPKP Menteng Andi Dala Jemma, dan PPL KPKP Menteng Teguh Kurniawan.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Elliawati menjelaskan, Lombok Farmhouse merupakan halaman rumah warga yang berkolaborasi dengan Sudin KPKP untuk dijadikan lahan pertanian dan perikanan dengan konsep agro edu wisata.

“Jadi pemilik rumah memberikan lahan di halaman rumahnya untuk dikembangkan menjadi cikal-bakal agro edu wisata berkolaborasi dengan Sudin KPKP. Sehingga masyarakat yang berkunjung dapat merasakan kenyamanan, enjoy serta membawa sesuatu yang dapat diterapkan di rumahnya sendiri,” kata Suharini Elliawati.

Dengan adanya Lombok Farmhouse, lanjut Suharini berharap agar warga masyarakat yang memiliki lahan bisa dijadikan sebagai tempat pertanian perkotaan seperti di sini dengan menghubungi kantor kecamatan terdekat.

"Dengan adanya farmhouse ini dapat menggugah masyarakat Jakarta yang memiliki lahan untuk dijadikan urban farming. Jika ingin bergabung untuk dimanfaatkan bisa menghubungi kantor kecamatan terdekat agar kebutuhan pangan dapat terpenuhi dari lahan sendiri," tambahnya.

Walaupun di halaman rumah panen sayur cukup banyak. Tersusun rapih berjumlah tujuh rak sayuran hidroponik di antaranya, pakcoy, kangkung, dan samhong. (As)

 

Kominfotik JP/Lik


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait