Tidak Hanya di Musim Hujan, Wali Kota Jakpus Lanjutkan Gerebek Lumpur

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (tengah) meninjau gerebek lumpur di Rusun Petamburan. Foto: PKL

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma mengatakan akan melanjutkan kegiatan gerebek lumpur tidak hanya saat musim hujan.

Menurutnya, gerebek lumpur merupakan salah satu aksi nyata untuk mengantisipasi banjir. Karenanya harus rutin dilakukan. Sebab, jika penanganan banjir tidak dituntaskan maka penanganannya hanya dilakukan sesaat.

"Ini harus rutin kita lakukan, karena masalahnya sudah ke satu titik persoalan. Sehingga titik itulah yang harus kita tuntaskan," ungkapnya saat melakukan monitoring gerebek lumpur di Rusun (rumah susun) Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (28/2).

Selain itu, lanjut Dhany, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengimbau pada warga untuk berkolaborasi bersama melakukan pemantauan di saat dan sesudah aksi gerebek lumpur. Sebab, pemantauannya akan lebih efektif dilakukan oleh masyarakat setempat. Di samping itu, warga harus bisa menjaga prilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Karena yang merasakan dampak dari lingkungan yang sebelumnya banjir menjadi bebas banjir adalah masyarakat setempat. Maka masyarakat juga yang harus menjaga prilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan aktivitas yang bisa membuat penyempitan saluran," imbaunya.

Selain melakukan monitoring gerebek lumpur, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat berserta jajaran terkait juga melakukan penananaman pohon Pala, Kepal, dan Buni di kawasan Rusun Petamburan. Sebagai langkah pelestarian lingkungan. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait