Kecamatan Gambir Gelar Sosialisasi Eco Enzyme

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi alternatif pengelolaan sampah rumah tangga dari relawan Eco Enzyme Nusantara. Foto: pusat.jakarta.go.id

Berkolaborasi dengan relawan Eco Enzyme Nusantara, Kecamatan Gambir menggelar kegiatan sosialisasi alternatif pengelolaan sampah rumah tangga, di kantor kecamatan setempat, Jumat (15/10).

Camat Gambir Fauzi mengatakan, kegiatan sosialisasi eco enzyme ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan menjaga lingkungan, karena pembuatan eco enzyme banyak manfaatnya yakni meningkatkan kualitas udara, air, tanah, untuk medis serta cairan disinfektan.

"Kegiatan ini sebagai gerakan memanfaatkan sampah organik seperti sisa sayuran, kulit buah untuk dimanfaatkan sebagai upaya pengurangan sampah rumah tangga," jelas Fauzi.

Fauzi berharap, warga dapat mempraktekan secara menyeluruh di rumah masing-masing yang dipelopori Tim Penggerak PKK. "Saya harap warga agar mempraktekan di rumahnya masing-masing, manfaatkan sampah organik sebagai eco enzyme. Untuk itu, mulai sekarang sampah organik jangan kita buang, manfaatkan dengan baik," katanya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Kolaborasi dengan Eco Enzyme Nusantara Kurangi Sampah 

Sementara itu, Relawan Eco Enzyme Nusantara Yuliana mengungkapkan, eco enzyme merupakan hasil fermentasi limbah dapur organik seperti kulit buah dan sayur. Eco enzyme sangat ramah lingkungan untuk menyuburkan tanah.

Selain itu, lanjutnya, eco enzyme dapat digunakan sebagai alat untuk membersihkan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, membersihkan lantai, selokan, serta dapat meningkatkan kualitas udara, air, dan untuk medis.

"Bahan pembuatan eco enzyme sangat mudah, hanya memerlukan gula merah, sampah organik dari sisa sayuran atau kulit buah yang mentah dan air bersih," tambahnya.