Mewakili Jakpus, Kampung SAMTAMA Ikut Perlombaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota meninjau Kampung SAMTAMA RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih. Foto: Malik Maulana

Kampung SAMTAMA (Sampah Tanggung Jawab Bersama) RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih terpilih untuk mengikuti Perlombaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 mewakili wilayah Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi didamping Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan secara langsung melakukan peninjauan di Kampung SAMTAMA RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (5/8).

Ada beberapa penilaian yang difokuskan dalam Perlombaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 yaitu, kategori Homestay, MCK, Konten Kreatif, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), Desa Digital, dan Souvernir.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan bahwa Kampung SAMTAMA ini memiliki konsep mengenai pengolahan limbah sampah yang nantinya akan didaur ulang menjadi sebuah produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Cempaka Putih Timur.

"Di sini konsepnya SAMTAMA, jadi nanti semua produk-produk yang di recycle (berupa plastik, kardus, sandal jepit) harus bisa diolah menjadi sebuah produk yang bisa dipasarkan," jelasnya.

Irwandi menambahkan, hal tersebut terkait arahan Menteri Parekraf yang menyebutkan bahwa kampung atau desa wisata ini nantinya akan bisa memproduksi dan menjual produk-produk buatan asli warga RW 03 Cempaka Putih Timur ini.

"Jadi nanti kalau ada pengunjung datang ke Kampung SAMTAMA ini telah tersedia berbagai jajanan, makanan, dan berbagi souvernir yang dikelolah warga di sini seperti warung-warung kecil. Agar Kampung SAMTAMA ini menjadi lebih hidup," katanya.

Nantinya juga, lanjut Irwandi, rumah dan indekos akan ditingkatkan lagi kualitasnya sebagai homestay untuk para wisatawan yang berkunjung ke Kampung SAMTAMA ini.

"Yang tadinya cuma indekos bisa ditingkatkan nanti menjadi homestay. Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan mengangkat ekonomi kerakyatan yang bener-bener kecil. Nanti juga akan dibuat stiker bertuliskan Kampung Desa Wisata SAMTAMA sebagai salah satu bagian dari usaha warga Cempaka Putih Timur," tandasnya.