IPAL Komunal di RW 07 Kemayoran Segera Rampung

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RW 07, Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat hampir rampung. Saat ini proses pengerjaan sudah mencapai 80 persen. Usai penutupan lubang utama, akan dilanjutkan pemasangan instalasi ke saluran rumah warga.

"Hingga saat ini 80 persen. Pekerjaan pembuatan saluran ke rumah tangga atau saluran resipien (SR) dikerjakan seiring dengan penutupan lubang utama," ucap Bangun Manalu, Lurah Kemayoran, Selasa (5/12).

Masih kata Bangun, saat ini kelompok swadaya masyarakat kelurahan tengah mengerjakan lubang utama IPAL. Diharapkan dengan adanya IPAL, kebersihan lingkungan dan kesehatan warga akan meningkat.

Jamhari (50) salah satu warga RT 09/07 mengungkapkan kegembiraannya terkait adanya IPAL komunal di permukimannya. "Ini merupakan kebutuhan kita. Saya harap dengan lingkungan yang padat di sini pembangunan IPAL terus ditambah," tandasnya.

Pembangunan IPAL dengan panjang 12 meter lebar dua meter kedalaman tiga meter tersebut merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. Untuk pembangunan IPAL ini dianggarkan dana sebesar Rp 425 juta.

Kominfotik JP/Chs/NEL