Dekranasda Jakpus Kolaborasi dengan FORSEAA Gelar Pelatihan Pembuatan Ikat Serut Menteng

Reporter: Indah | Editor: Andreas Pamakayo

Dekranasda Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Forum of Small Medium Economics AFRICA ASEAN (FORSEAA)  menyelenggarakan pelatihan Ikat Serut Menteng, di Jalan Lumajang No 4. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Dekranasda Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Forum of Small Medium Economics AFRICA ASEAN (FORSEAA)  menyelenggarakan pelatihan Ikat Serut Menteng, di Jalan Lumajang No 4, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Diikuti oleh perwakilan dari Dharma Wanita, dan PKK Jakarta Pusat. Pelatihan ini dipimpin Deya Ayu selaku Pendiri Seratan Studio.

Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menjelaskan, Ikat Serut Menteng diadopsi dari teknik membuat pola tie-dye pada kain, yang berasal dari negara Jepang dengan nama Shibori.

Ikat Serut Menteng, lanjutnya, menggunakan pewarna alami, sehingga aman di kulit. Dengan adanya pelatihan ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara dalam peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2021 mendatang.

“Mudah-mudahan ikat serut ini menjadi ikon atau sebuah karya di Jakarta Pusat. Supaya Jakarta Pusat punya khas bahwa kita punya karya yang lain seperti Shibori. Ini merupakan peluang untuk menjadi brand-nya Jakarta Pusat. Kalau kita punya banyak peminat dan ternyata kita bagus, yang lainnya juga bisa membuat ini, dan meningkatkan ekonomi untuk pengrajin-pengrajin Jakarta Pusat," ujarnya.

Sementara itu, Desainer sekaligus Pengelola Gerai Dekranasda Jakarta Pusat Anna Setyaningsih berharap bahwa pelatihan ini dapat menarik minat anak-anak milenial, dan dapat berkembang menjadi souvenir hingga kerajinan lainnya.

"Harapannya pelatihan hari ini mudah-mudahan bisa disosialisasikan ke masyarakat sekitarnya, terutama untuk anak-anak milenial karena bahannya mudah didapat dan alami," pungkas Anna.