Forkopimko Jakpus Gelar Sentra Vaksinasi Massal di Blok F Tanah Abang

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Forkopimko meninjau pelaksanaan sentra vaksinasi massal di Blok F Pasar Tanah Abang. Foto: Malik Maulana

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Pusat menggelar sentra vaksinasi Covid-19 massal di Blok F Pasar Tanah Abang, Kamis (17/6).

Dalam pelaksanaan sentra vaksinasi massal ini ditinjau langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kapolres Jakarta Pusat Hengki Haryadi, dan Dandim 0501 JP Kolonel Inf Luqman Arief.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, pelaksanaan sentra vaksinasi massal ini merupakan bagian dari upaya pemenuhan target 7,5 juta vaksinasi di ibu kota hingga bulan Agustus 2021 mendatang.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Pusat, Dhany menargetkan 800 ribu warga sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi massal ini akan terus kita kembangkan, Kapolres juga sudah menggandeng beberapa pemangku kepentingan untuk ikut terlibat dalam rangka mensukseskan vaksinasi 7,5 juta di akhir Agustus," katanya.

Guna mencapai target tersebut, lanjut Dhany, harus dikembangkan sentra vaksin, artinya ada penambahan sentra vaksin statis untuk melengkapi sentra vaksin dinamis.

Untuk itu, Dhany mengajak seluruh warga Jakarta Pusat agar segera mengikuti vaksin yang telah disediakan secara gratis ini.

"Yuk ajak saudara-saudaranya semua yang sudah berusia 18 tahun ke atas untuk mengikuti vaksin. Vaksin Insya Allah halal untuk menciptakan herd immunity," imbaunya.

Menurutnya, pencegahan Covid-19 itu ada dua. Pertama peningkatan dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing, dan treatment).

Untuk diketahui, rencananya, sentra vaksin di Blok F Pasar Tanah akan dibuka selama tujuh hari ke depan untuk melayani vaksinasi warga usia 18 tahun ke atas.

Terdapat 28 lokasi yang dijadikan sentra vaksin dinamis. Kemudian untuk vaksin statis berada di RSUP dan Puskesmas. Ke depannya akan dikembangkan dengan menambah satu lagi lokasi vaksin di Tanah Abang, dan di tiap-tiap Kecamatan.