Pemkot Jakpus Revitalisasi Lima Loksem

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan merevitalisasi lima lokasi sementara (loksem) dalam waktu dekat ini.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan lima loksem tersebut di antaranya berada di kawasan Cempaka Putih Timur, Kebon Sirih, Kali Pasir, dan Pasar Baru.

Menurutnya, revitalisasi ini akan berkolaborasi bersama PT Mayora selaku kolaborator. "Ditargetkan proses revitalisasi ini selesai Desember 2021 mendatang, karena ini program anggaran 2021," ungkapnya usai paparan rencana pembangunan loksem, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir,  Rabu (3/10).

Dhany menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan review guna memastikan loksem mana yang layak ditingkatkan, mana yang akan dikaji lebih dalam. Selain itu, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga tengah memastikan, dampak lingkungan dari revitalisasi loksem tersebut.

"Jadi bukan hanya dampak ekonomi saja tapi dampak lingkungannya juga dilihat, kemudian dampak dari sisi pembuangan saluran airnya," jelasnya.

Dhany juga mengatakan, tujuan dari revitalisasi ini dalam rangka pengembangan UMKM ke depannya. Di mana nantinya loksem tersebut akan dikembangkan untuk memberikan akses bagi wirausaha baru.