Petugas SDA Sawah Besar Normalisasi Saluran di Jalan Gunung Sahari Raya

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Petugas Sudin SDA melakukan normalisasi dan pengurasan saluran mikro. Foto: pusat.jakarta.go.id

Guna mengantisipasi genangan, petugas Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) melakukan normalisasi dan pengurasan saluran mikro, di sepanjang Jalan Gunung Sahari Raya, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Sawah Besar, Nanang Gusnaldi mengatakan, saluran air mikro  yang dinormalisasi dan pengurasan riol panjangnya 57 meter dengan dimensi 1,2 meter X 1,6 meter. Selain itu, membuat vangkom atau bak pengontrol sebanyak enam titik.

"Nantinya saluran tersebut akan dipasangi batu kali, hanya saja kendalanya banyak kabel utilitas sehingga menyulitkan petugas untuk melakukan normalisasi saluran," jelas Nanang saat dikonfirmasi, Kamis (6/5).

"Karena banyaknya utilitas existis, saluran yang kontruksinya 80/80 yang masih bagus kita buatkan vangkom atau bak pengontrol dan kita kuras. Sedangkan yang ambruk atau rusak kita perbaiki dengan kontruksi batu kali," tambahnya.

Normalisasi saluran dan pengurasan riol, lanjut Nanang, Sudin SDA Kecamatan Sawah Besar menerjunkan 15 petugas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

'Kami akan terus melakukan normalisasi maupun pengurasan saluran walaupun saat ini sudah memasuki musim kemarau. Jika nanti musim penghujan tiba, kita sudah menangtisipasi genangan sejak dini," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day