Sudin Kesehatan Siagakan Petugas Antisipasi Penularan Covid-19 di Pengungsian

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari. Foto: Andreas Pamakayo

Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan menyiagakan petugas kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 di setiap posko pengungsian banjir.

Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari menerangkan, pihaknya beserta jajaran petugas kesehatan akan melakukan penanganan kesehatan bila terjadi pengungsian.

Hal ini, menurutnya sesuai dengan instruksi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Pihaknya juga akan melakukan screaning kembali bagi warga yang belum tervaksinasi.

"Kita akan vaksinasi para warga yang belum divaksin, karena akan beresiko saat ada pengungsian," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (6/10).

Erizon menjelaskan, nantinya akan membuka sentra vaksinasi di lokasi pengungsian. Kuota untuk vaksin pun tidak akan dibatasi, karena menjadi bagian dari kuota wilayah. Terkait jenis vaksin sendiri, saat ini jenis vaksin yang masih banyak tersedia di Dinas Kesehatan jenis Pfizer dan Moderna.

"Kalau memang ada pengungsian kita akan buat sentra-sentra vaksinasi di sekitar lokasi pengungsian seandainya ada pengungsian di sana," jelasnya.

Terkait ketersediaan obat bagi para pengungsi, menurutnya, saat ini masih aman. Untuk tenaga kesehatan yang disiagakan, nantinya baik puskesmas kelurahan dan kecamatan akan mem-backup wilayah kecamatan dan kelurahan masing-masing guna melakukan penaganan pada warga.

"Setiap puskesmas kecamatan sudah punya pemetaan titik yang rawan di wilayahnya masing-masing apabila dibutuhkan akan jadi pergerakan untuk mem-backup," tandasnya.