Berbagi Sesama, Karang Taruna CPT Gelar Jumat Berkah

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Dengan memberikan botol plastik pengendara ojol mendapat satu boks makanan siap saji. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Karang Taruna Kelurahan Cempaka Putih Timur membagikan makanan bagi para pengendara ojek online, Petugas PPSU, dan masyarakat yang melintas di depan Taman Ikonik Taman Solo (Tiktas), Jalan Cempaka Putih Tengah XXXIII, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (7/10).

Ketua Karang Taruna Kelurahan Cempaka Putih Timur Yudisthira mengatakan, pembagian makanan ini dalam rangka Jumat Berkah yang merupakan program karang taruna berbagi bersama.

"Kegiatannya karang taruna berbagi bersama ini sudah berjalan dua bulan dan rutin setiap hari Jumat," katanya.

Yudisthira menjelaskan, walaupun makanan ini gratis tetapi setiap orang yang ingin mendapatkannya harus membawa dua botol plastik bekas, untuk ditukarkan dengan satu boks makanan siap saji dan minum.

"Hari ini ada 100 boks makanan yang kita bagikan, hasil dari pengumpulan sampah botol plastik yang langsung dimasukan ke bank sampah," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengapresiasi dan berterima kasih kepada Karang Taruna kelurahan Cempaka Putih Timur.

"Jumat Berkah dilakukan hampir tiap minggu. Selain itu, para karang taruna  mengedukasi warga untuk membawa limbah plastik kurang lebih dua botol untuk pengganti makanan," katanya.

Shinta pun berharap karang taruna dan Jumat Berkah ini terus berlangsung dan berkembang. "Harapannya kegiatan ini tidak berhenti di sini dan bisa menginspirasi orang lain, juga menginspirasi warga di sekitar sini untuk bersama sama berbagi dengan melibatkan generasi muda Cempaka Putih Timur, agar semua bisa bergerak bersama melakukan perubahan," ujarnya.

Sementara itu, petugas PPSU Kelurahan Cempaka Putih Timur Taufik mengaku senang dengan adanya pembagian makanan Jumat Berkah ini dan berharap bisa terus berlangsung.

"Senang bisa dapet makan Jumat Berkah ini, bisa meringankan kantong, makanannya pun enak," ucapnya seraya tersenyum.