HKN Jadi Momen Pencegahan dan Deteksi Penyakit Sejak Dini

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Senam bersama di RPTRA Rawa Indah. Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Johar Baru melaksanakan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan World Diabetes Day (WDD) di RPTRA Rawa Indah, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (8/11).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini diawali dengan kegiatan senam yang diikuti oleh tenaga kesehatan dan jajaran Kelurahan Kampung Rawa sebagai simbol hidup sehat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Johar Baru Arief Wahyudhy menerangkan, kegiatan ini merupakan momen untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa secara dini mencegah dan mendeteksi dari berbagai penyakit.

"Kita ingat waktu pandemi Covid kemarin banyak sekali komorbid yang menambah kasus memberatkan Covid-19, melalui HKN ini kembali kita mengingatkan pada masyarakat agar senantiasa secara dini mencegah dan mendeteksi dari berbagai penyakit yang khususnya bisa menambah berat Covid-19 ini," ucap Arief.

Kemudian Arief memaparkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan promotif dan preventif, seperti senam pagi bersama, pemeriksaan mata, penyuluhan kesehatan, pemeriksaaan gula darah, pemeriksaan screening untuk hipertensi, pemeriksaan TB, bahkan pemeriksaan IVA tes untuk mendeteksi dini kanker serviks.

"Kami secara aktif berkoordinasi dan berkolaborasi tidak hanya dengan puskesmas tetapi juga sektor layanan swasta baik itu rumah sakit klinik dan sebagainya. Mari sama-sama untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat agar peduli kesehatan sedini mungkin," lanjutnya.

Lurah Kampung Rawa Ferry, yang turut hadir dalam kegiatan ini melihat pentingnya pencegahan dan pendeteksian dini penyakit di tengah masyarakat.

Untuk pencegahan, menurutnya, dapat dilakukan dengan memberikan asupan gizi yang baik, dan menjaga imunitas tubuh dengan olahraga sekaligus menjauhi makanan-makanan yang dapat menyebabkan timbulnya suatu penyakit.

"Apalagi di wilayah ini banyak lansia yang umumnya terkait penyakit dalam. Di sini kan pemukiman padat, di mana asap-asap rokok ataupun dari polusi udara itu yang bisa membuat warga kita itu terkontaminasi dengan debu-debu dan sebagainya," kata Ferry.

Ia pun berharap agar puskesmas kecamatan atau kelurahan memiliki program yang memudahkan masyarakat Kampung Rawa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

Untuk diketahui, selain pemeriksaan kesehatan, kegiatan HKN di RPTRA Rawa Indah ini juga diisi dengan kegiatan lomba fashion show bagi balita dan lomba karaoke bagi lansia. Yang menarik bahwa kondisi kesehatan peserta  lomba juga dijadikan sebagai salah satu poin penilaian.