Ini Langkah Pemkot Jakpus Kendalikan Dampak Musim Penghujan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat telah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan dampak musim penghujan seperti, pembuatan embung atau taman bio trans, bioswale, sumur resapan, dan pembangunan rumah pompa.

"Kita juga melakukan revitalisasi saluran air besar untuk meningkatkan volume di Kali Cideng, di Ahmad Yani pun sudah dibuat sodetan yang melintas dari Jakarta Pusat sampai Jakarta Timur," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma saat memimpin Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tingkat Kota, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (5/12).

Selain itu, lanjut Dhany, di wilayah Karet Tengsin sejalan dengan penataan kawasan di wilayah tersebut akan dibuat parapet dan kolam olakan serta pompa air. "Pompa air untuk menyedot dan mengalirkan air ke Kali Krukut. Alhamdulillah sudah kita lakukan intervensi," ucapnya.

Sementara, Dhany menambahkan, di Kali Utan Kayu sudah dilakukan pengerukan sampai ke Kali Sentiong. "Alhamdulillah tidak terjadi dampak musim hujan yang signifikan, tidak ada banjir atau genangan. Selama saluran-saluran air terus kita pelihara dan tidak ada sumbatan, Insya Allah aliran air lancar," tandasnya.