Pemkot Jakpus Laksanakan Reviu Kinerja Tahunan Aksi Konvergensi dan Intervensi Stunting

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Reviu kinerja tahunan Aksi Konvergensi dan Intervensi Stunting. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melaksanakan Reviu Kinerja Tahunan atas Aksi Konvergensi dan Intervensi Stunting yang sudah dilakukan  pada tahun 2022.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Juhandi mengatakan, aksi yang sudah memasuki tahap kedelapan ini bertujuan untuk mengevaluasi seluruh kinerja yang sudah dilakukan Pemkot Administrasi Jakpus, bersama dengan seluruh elemen masyarakat yang berkepentingan dalam rangka penurunan angka stunting. 

"Hari ini adalah aksi final dari tahapan-tahapan stunting, dari satu sampai delapan ini akan kita reviu semuanya. Tapi reviu itu bukan sebagai sesuatu yang akhir, nanti beberapa hari ke depan sampai close di bulan akhir Desember kita akan duduk bareng dengan UKPD terkait sinkronisasi data,” ujarnya, di salah satu hotel di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (8/12). 

Ahmad menambahkan, untuk Jakarta Pusat sampai pertengahan bulan Desember 2022 ini sudah sangat baik terkait kerja sama dengan UKPD terkait. Kolaborasi yang harmonis juga dilakukan seluruh elemen masyarakat yang berkepentingan dalam rangka penurunan angka stunting. 

"Selama ini semua sudah bergerak dan berjalan masing-masing, UKPD yang sudah berkomitmen bersama tentang penanganan stunting. Yang penting sampai finalnya kita mendapatkan akumulasi data berapa, nanti kita akan publikasikan. Sekarang masih tahap pengumpulan data sampai di akhir penghujung Desember,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasie Kesra Kelurahan Petamburan Eva Hanifah mengatakan, jajaran di Kelurahan Petamburan kini sudah dapat menurunkan angka stunting di wilayahnya.

"Langkah-langkah yang kami lakukan misalnya kami sudah mendapatkan dana dari CSR yaitu non APBD untuk pemberian biskuit bagi balita dan ibu hamil. Langkah kolaborasi tentu juga kita lakukan dengan UKPD terkait PPAPP, KPKP, bagian gizi puskesmas kelurahan, Dasawisma dan PKK,” tandasnya

Perlu diketahui, pada giat hari ini dihadiri oleh beberapa UKPD terkait yang berkepentingan terkait penurunan angka stunting di Jakarta Pusat serta perwakilan 13 kelurahan yang menjadi lokus stunting. Hadir juga perwakilan dari Kementerian Dalam serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).