Pemkot Jakpus Usung Tema Go Green di Pameran Flona Fauna

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Stan Flona Jakarta Pusat di Lapangan Banteng. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengusung tema Go Green dan Sustainable di pameran Flona Fauna 2022 yang digelar di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar.

Pantauan Kominfotik JP Jumat (26/8) sore, stan Kota Administrasi Jakarta Pusat ramai dikunjungi warga. Konsep rumah pohon menarik perhatian pengunjung pameran flona dan fauna tak terkecuali Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.Suzi Marsitawati yang menyempatkan diri berkunjung dan menuliskan testimoninya.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, konsep ini dipilih karena Kota Jakarta Pusat adalah pusatnya Jakarta yang merupakan pusat aktivitas, kegiatan ekonomi dan lain sebaginya. Membuat ruang terbuka hijau sangat terbatas.

"Jadi bagaimana kita menciptakan flora dan fauna walaupun ruang terbatas, tapi manfaat atau fungsinya maksimal," katanya.

Mila menjelaskan, tema Go Green dan Suitanable diartikan Kota Jakarta Pusat tetap bertumbuh, tapi tetap mempertahankan ruang terbuka hijau.

"Di lokasi pameran, kami membuat rumah pohon yang diartikan membangun tanpa mengorbankan pohon. Bangunan mengikuti tata letak pohon eksisting," jelasnya.

Dia memaparkan konsep ini juga diterapkan di seluruh penataan ruang terbuka hijau di Jakarta Pusat.

"Contoh, Taman Sumenep kami tidak ada menebang pohon. Kalau bisa dipindahkan, konsep landscape mengikuti letak ruang hijau. Kedua, penataan jalur hijau di Jalan Kartini, kami sebisa mungkin tidak mengorbankan pohon," paparnya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah UKPD terkait untuk memeriahkan stan pameran flona dan fauna Kota Jakarta Pusat.

"Keistimewaan konsep pameran yang dibuat bisa diadopsi oleh masyarakat Jakarta Pusat. Warga dapat menciptakan ruang hijau seperti ini di lingkungan pemukiman masing-masing dan bisa menjadi ruang ekonomi seperti menjadi bisnis cafe dan sebagainya," tambahnya.

Untuk diketahui, penyelenggaraan pameran Flora dan Fauna 2022 diikuti lima wilayah kota dan satu kabupaten, TP PKK, Dharma Wanita dan sejumlah perangkat daerah lainnya yang akan dibuka hingga 26 September 2022.

Serta ada sebanyak 120 stan bursa yang diisi oleh pelaku usaha tanaman hias dan hewan peliharaan. Stan makanan dan minuman yang diisi Jakpreneur.