Penataan Kawasan di Pasar Baru Libatkan Masyarakat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan di RT 13 RW 05, Jalan Kartini Raya. Foto:

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin melakukan monitoring penataan kawasan di RT 13 RW 05, Jalan Kartini Raya, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (9/12).

Iqbal mengatakan, penataan ini terintegrasi dari penataan pedagang kaki lima (PKL), parkir liar, dan keindahan serta kenyamanan sarana umum yang ada.

"Penataan kawasan ini bagus bisa kita nikmati dan gunakan untuk kegiatan sehari-hari, masyarakat juga senang dengan penataan ini," katanya.

Menurutnya, selama ini keluhannya ada pada ketertiban parkir liar dan pedagang kaki lima, tetapi saat ini semua sudah tertata rapi.

"Alhamdulillah semua sudah ditata, warga juga berharap dapat terus dilakukan peningkatan penataan dan juga mengatakan warga siap berkomitmen menjaga lingkungan yang sudah tertata ini," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Pasar Baru Arby Novianto menerangkan sebelumnya lokasi tersebut banyak sekali PKL, PPKS, dan parkir liar yang menghambat lalu lintas.

"Kita berkordinasi dengan masyarakat dan RT-RW setempat untuk menata PKL, PPKS serta parkir liar tersebut. Awalnya memang sulit tetapi Alhamdulillah dengan edukasi dan arahan mereka mau mengerti dan mendukung. Kebetulan wilayah ini juga sedang dalam perbaikan dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota jadi kami tinggal mempercantik atau melakukan beautifikasi," terangnya.

Arby berharap, penataan ini bisa menjadi kebanggaan warga Jakarta dan terus berkelanjutan, sehingga bisa berdampak kepada masyarakat.

"Pengawasan kita dari perangkat wilayah dan masyarakat, jadi kita berharap maintenance-nya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat," tandasnya.