Posyantek Kecamatan Tanah Abang Ikuti Lomba TTG Tingkat Nasional

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Pusat menghadiri Posyantek Kecamatan Tanah Abang. Foto: Berlian Sigit

Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kecamatan Tanah Abang, mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional mewakili Provinsi DKI Jakarta yang digelar secara hybrid, di Kantor Kecamatan Tanah Abang, Rabu (21/9).

Ketua Posyantek Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang Kamaru Tamam menjelaskan, pihaknya membawa produk hasil pengolahan eco enzyme sebagai teknologi tepat guna, berupa shoes cleaner waterless (pembersih sepatu tanpa air). Di mana pembersih sepatu ini dapat digunakan tanpa perlu dicuci mengunakan air.

"Produk unggulannya adalah shoes cleaner waterless, jadi kita nggak pakai air gitu. Jadi cuci sepatunya bisa awet," jelasnya usai memberikan presentasi dalam perlombaan TTG.

Menurutnya, sesuai arahan juri, ke depan pihaknya akan mengembangkan shoes cleaner waterless ini untuk uji lab, dan sertifikasi halal. Selain itu, Kamaru juga optimis produk unggulannya mendapatkan penilaian terbaik, apalagi saat ini ada peluang pasar terhadap produk unggulannya.

"Saya optimis, jadi kalau dilihat dari trend-nya ada kenaikan terus apalagi sekarang sudah mulai melandai Covid, sudah mulai aktivitas di sekolah, kampus, kantor, serta produk kita akan dibutuhkan sebagai parfum sepatu dan shoes cleaner," jelasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi, produk unggulan Kamaru Tamam dalam perlombaan TTG Tingkat Nasional.

Dhany juga mengharapkan, produk TTG ini bisa meraih penghargaan di tingkat nasional. "Jadi kita memberikan dukungan luar biasa, mudah-mudahan saja hasil karya ini bisa tembus menjadi yang terbaik di tingkat nasional dan berhak mendapatkan penghargaan dari Kementerian P3A (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)," ungkapnya.

Dhany juga menjelaskan, pemanfaatan produk olahan eco enzyme ini sudah dilakukan di Kecamatan Tanah Abang, karena Kecamatan Tanah Abang menjadi pilot project dari pemanfaatan eco enzyme.