Satpol PP Jakpus Datang ke Sekolah Kenalkan Tugas dan Fungsi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan goes to school. Foto: Maulana

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan Goes To School atau datang ke sekolah di SMKN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Senin (11/7).

Dalam kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, Kepala Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat Tumbur Parluhutan Purba, dan jajaran terkait.

Denny Ramdany mengatakan, kegiatan ini merupakan inovasi dari Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat yang bersamaan dengan  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Ini merupakan pendampingan memberikan orientasi kepada siswa baru terkait dengan pengenalan terhadap struktur organisasi Satpol PP dan juga terkait tugas pokok dan fungsinya," katanya.

Menurutnya saat ini masih banyak masyarakat yang belum tahu tugas dan fungsi Satpol PP seperti apa.."Karena momennya pas saat MPLS maka kita berikan pemahaman kepada para siswa supaya mengerti kalau Satpol PP memiliki tugas yang luar biasa dalam rangka menjaga ketentraman dan ketertiban umum di wilayah DKI Jakarta," ucapnya.

Denny menuturkan, awalnya para siswa belum paham karena yang dilihat hanya fisik luarnya saja namun, setelah diberikan pemahaman siswa-siswi tersebut mulai mengerti bahwa wilayah menjadi tertib, aman, dan nyaman salah satunya adalah peran dari Satpol PP.

"Diharapkan kegiatan ini selain Satpol PP para siswa sudah mulai memiliki jiwa-jiwa dalam rangka menegakan ketertiban umum di lingkungan sekolah," tuturnya.

"Mudah-mudahan setelah ini dibentuk Satpol PP lokal sekolah istilahnya, sehingga menegur dan menegakkan aturan yang ada, misalnya menegur teman yang membuang sampah sembarangan atau nongkrong tidak karuan, kita harapkan rasa Satpol PP ada di mana-mana salah satunya di lingkungan sekolah," harapnya.

Senada dengan Aspem, Kepala Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat Tumbur Parluhutan Purba mengungkapkan, Satpol PP Goes To School di Sekolah SMKN 1 Jakarta ini sebagai percontohan untuk mengenalkan tugas dan fungsi Satpol PP kepada para siswa.

"Ini merupakan Program inovasi Satpol PP dan Seluruh wilayah berbarengan bergerak bersama ke sekolah-sekolah untuk perkenalan dilingkungan sekolah," ucapnya.