Siswa-siswi SMPN 38 Jakarta Ikuti Pelatihan UKS dan Skrining Kesehatan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Skrining Posbindu PTM, dan pelatihan UKS bagi siswa-siswi SMP Negeri 38 Jakarta. Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang bersama Puskesmas Kelurahan Karet Tengsin menggelar Skrining Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pelatihan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) bagi siswa-siswi SMP Negeri 38 Jakarta, Jalan Karet Pasar Baru Barat I, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Dokter Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Paradina Wulandari mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengedukasi dan mendeteksi dini kesehatan para siswa.

"Kita edukasi para siswa karena saat ini penyakit kencing manis dan darah tinggi sudah ada di usia muda. Untuk itu, adanya kegiatan ini agar bisa ketahuan lebih awal jika PTM terdeteksi dini bisa dijaga," katanya.

Dalam skrining PTM ini, lanjutnya, para siswa diperiksa tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut, kolesterol, gula sewaktu, dan pemeriksaan lainnya serta wawancara mengenai kesehatan. Sementara Untuk UKS para siswa mengisi diajarkan google formulir dan penyuluhan kesehatan.

"Para siswa kita edukasi untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kegiatan rutin ini dilakukan di sekolah-sekolah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 38 Jakarta Dede Iskandar mengaku senang dengan adanya skrining PTM dan pelatihan UKS ini. Menurutnya, melalui kegiatan ini para siswa dapat mengetahui keadaan kesehatan dirinya masing-masing dan juga dapat menunjang pengelolaan UKS.

"Siswa jadi mengetahui dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat karena telah mengetahui kondisi kesehatannya, sehingga para siswa juga bisa terhindar dari Covid-19," ucapnya.

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi peserta didik dan warga sekolah untuk menerapkan di kehidupan sehari-hari dan kegiatan ini bisa berlangsung rutin," tutupnya.