Sudin KPKP dan Kecamatan Johar Baru Gelar Sosialisasi Gemarikan di SDN

Reporter: Maulana | Editor: Iman

Sudin KPKP dan Kecamatan Johar Baru Gelar Sosialisasi Gemarikan di SDN, Foto: Zaki

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) dan jajaran Kecamatan Johar Baru menggelar Safari Kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan), Kamis (28/7). Kegiatan ini melibatkan 375 pelajar dari dua sekolah yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanah Tinggi 03 dan 05.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, ini merupakan kali ketiga dari target delapan kecamatan yang memang akan diadakan Kampanye Gemar Ikan dengan tujuan memasyarakatkan makan ikan pada para siswa sekolah dasar.

"Olahan ikan yang diterima para siswa sama seperti sebelumnya yaitu bakso ikan, ebifura yang adalah udang ditepungin, siomay, dan kemudian nugget ikan juga (yang) sudah dalam kemasan pastinya higienis," katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan Safari Kampanye Gemarikan ini, pada akhirnya bertujuan  untuk menurunkan angka stunting.

"Ini adalah generasi awal dari usia dini lebih untuk kecerdasan, kekuatan dari pada tahap berikutnya, untuk meningkatkan konsumsi ikan. Baik pada anak-anak, nantinya pada lingkungan keluarga terdekat dan masyarakat," ucapnya.

Penty berharap kegiatan Gemarikan ini tetap berkelanjutan tidak hanya saat kampanye di sini tetapi juga di lingkungan dan di rumah.

"Jadi, dampaknya ke anak sendiri, pastinya dia akan lebih menyukai ikan, namun terhadap keluarga atau pastinya yang di rumah akan menyajikan makanan yang lebih bergizi kemudian lebih beragam. Dan lebih bergizi seimbang untuk tumbuh kembang anak-anak untuk generasi penerus dan pastinya (untuk) penurunan stunting," harapnya.

Di lokasi yang sama Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri merasa bersyukur kegiatan ini berlangsung di wilayahnya yang memang dikenal sebagai daerah padat penduduk dan menengah kebawah.

"Dengan bantuan kegiatan dari Sudin KPKP terkait dengan pemberian makanan (ikan) pada anak- anak sekolah, yang khususnya pada SD 03 dan 05 ini memang di daerah padat penduduk juga. Jadi sangat baik sekali dan sangat bermanfaat tentunya. Karena untuk meningkatkan gizi dan nurtrisi untuk anak - anak kita," ungkapnya.

Nurhelmi berharap kegiatan ini mudah- mudahan tidak hanya di SD 03 dan 05 saja tapi juga ke semua anak yang ada di wilayah kecamatan Johar Baru.

"Anak-anak kita pasti sangat memerlukan sekali bantuan daripada pemerintah untuk pemberian nutrisi khususnya ikan, dan lebih beragam lagi kedepannya. Jadi, tidak hanya yang di berikan pada saat ini saja, namun bisa diberikan lagi dengan bentuk olahan-olahan lainnya lagi," harapnya.

Kegiatan Safari Kampanye Gemarikan ini pun disambut gembira oleh para siswa, seperti diungkapkan Natalia  Oktaviana, siswa kelas enam SDN Tanah Tinggi 03 mengaku senang mengikuti kegiatan ini.

"Seneng, bisa mengetahui banyak pengetahuan tentang ikan, terus juga bisa mengetahui banyak manfaat lainnya," ucapnya.

Siswi yang mengaku suka makan ikan lele dan gurame ini pun mengajak teman-temannya untuk gemar memakan ikan.

"Saya suka makan ikan yang biasanya digoreng, manfaat ikan itu bisa meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Buat temen-temen ayo makan ikan biar sehat dan biar bisa jaga daya tahan tubuh kita,"ajaknya.