Sudin Pertamanan Jakpus Telah Pangkas 3.130 Pohon Sejak Januari Hingga September 2022

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Adminstrasi Jakarta Pusat ingin memangkas pohon yang menghambat kabel listrik. Foto: Malik Maulana

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Adminstrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, sebanyak 3.130 pohon yang tersebar di delapan kecamatan telah dipangkas sejak Januari hingga pekan ketiga September 2022.

"Sebanyak 3.130 pohon yang telah dipangkas terdiri dari ringan sebanyak 526 pohon, sedang 1.770 pohon, berat 791 pohon dan 43 pohon ditebang," katanya, saat dikonfirmasi (26/9).

Menurutnya, penebangan dilakukan terhadap pohon rawan tumbang, berada di akses infrastruktur seperti saluran air serta sisi jalan, keropos, kering, dan mati. Adapun pemangkasan ringan dilakukan pada ranting kecil agar terlihat lebih indah, terbentuk, dan sebagai peremajaan pohon.

"Sementara pemangkasan sedang yakni, cabang-cabang untuk keindahan bentuk serta kategori berat dilakukan karena dikhawatirkan tumbang, sehingga diantisipasi dengan cara meringankan beban pohon," jelasnya.

Pemengkasan pohon, lanjutnya, rutin dilakukan di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat berdasarkan hasil pemantauan di lapangan dan menindaklanjuti pengaduan warga.

"Pemangkasan juga menindaklanjuti pengaduan warga yang disampaikan melalui surat, telepon maupun kanal pengaduan cepat respons masyarakat (CRM)," pungkasnya.