Sudin Pusip Gelar Wisata Literasi dan Mendongeng di SDN Pasar Baru 11

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wisata literasi dan mendongeng di SDN Pasar Baru 11. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebelum pandemi Covid-19, kegiatan wisata literasi ini sudah dijalankan Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan mengenalkan siswa-siswi ke perpustakaan. Datangnya pandemi kunjungan siswa-siswi ke perpustakaan menjadi terhenti.

Untuk itu, Sudin Pusip membuat inovasi dengan jalan ke sekolah-sekolah memperkenalkan perpustakaan, mendongeng, dan menghadirkan perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat membaca siswa-siswi.

Seperti yang berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasar Baru 11, Jalan Kelinci Raya, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (22/8). 

"Kegiatan wisata literasi ini kita gelar mingguan bisa dua sampai tiga kali pertemuan tergantung dari sekolah yang berkenan kami hadir dengan memberikan lokasinya, hari, dan tanggal berapa. Nanti kita akan berikan jadwalnya dan akan menghadirkan pendongeng nasional dan internasional," kata Pustakawan Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Rani Widiayani.

Menurutnya, adanya kegiatan ini dapat membuat siswa-siswi gemar membaca, menambah pengetahuan, dan semoga bisa terus berlangsung wisata literasi ini.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SDN Pasar Baru 11 Agus Waluyo menambahkan, wisata literasi ini diikuti sebanyak 316 murid dari kelas 1 sampai 6 SD.

"Saya juga berharap semoga kegiatan ini terus berlangsung karena bagus dalam menyampaikan ilmu pengetahuan lewat mendongeng," jelasnya. 

Dari pantauan Kominfotik JP di lapangan, siswa-siswi sangat antusias mengikuti wisata literasi dan mendengarkan dongeng yang diberikan  narasumber dari Sudin Pusip.