Wali Kota Jakpus Ingatkan Jajaran Lakukan Pengendalian Banjir

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengingatkan jajaran untuk melakukan pengendalian banjir, terhadap antisipasi musim hujan.

Hal ini diungkapkannya, saat rapat koordinasi wilayah, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (11/10).

Dhany mengatakan, upaya pengendalian banjir ini dilakukan untuk mengatasi debit air yang tinggi dari curah hujan maupun limpasan sungai. Menurutnya, jika debit air tinggi, wilayah yang akan terkena dampak di sekitar kawasan sungai seperti Karet Tengsin, dan Bendungan Hilir.

"Kuncinya kendalikan debit air. Kita lakukan upaya pengendalian, dan pemantauan," ungkapnya.

Selain itu, Dhany juga meminta jajaran UKPD terkait untuk memastikan tidak ada penyumbatan saluran. Seluruh petugas PPSU yang bertugas di saluran mikro, harus memastikan tidak ada sampah pada tali-tali air. Pompa-pompa air, dan pintu air juga harus dipastikan beroperasi.

"Kita harus yakinkan saluran air ini bersih dari sumbatan. Tali-tali air berfungsi dengan baik," jelasnya.

Dhany juga menginstruksikan untuk melakukan peninggian turap dengan mengunakan parapet pada turap sungai yang saat ini tengah direvitalisasi seperti kawasan Pasar Baru, dan Cideng.