12,45 Kilogram Sayur Hidroponik Dipanen

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Panen sayur di lokasi urban farming, RW 10 Kelurahan Kebon Kacang. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan panen bersama di lokasi urban farming, RW 10 Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (13/1).

Panen bersama ini diikuti, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Kasudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti, Kasie Kesra Kecamatan Tanah Abang Setyanto, Lurah Kebon Kacang Nani Suryani, Sekretaris Lurah, Muhammad Bellie, dan Ketua RW 10 Andi Awaludin.

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, meski berada di lahan yang cukup terbatas namun panen yang dihasilkan cukup memuaskan. “Total ada 12,45 kilogram sayur hidroponik yang dipanen dari 72 lubang," ujar Penty.

"Jenis sayuran hidroponik yang dipanen  pakcoy dan samhong. 8,45 kilogram pakcoy dan 4 kilogram samhong," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Kebon Kacang Nani Suryani menambahkan, sebagian hasil sayuran yang dipanen akan diberikan kepada warga di RW 10 dan sisanya akan dijual.

“Jadi sebagian sayur pakcoy dan samhong yang dipanen akan dijual dengan harga Rp10.000 per 300 gram dan sisanya akan dibagikan ke warga sekitar," ucap Nani. 

Nantinya, lanjut Nani hasil dari penjualannya akan dibelikan bibit tanaman lagi. “Buat beli bibit lagi nanti hasil dari penjualannya," tutup Nani.