122 Balita di Petojo Selatan Dicek Kesehatannya

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penimbangan balita. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Posyandu Balita RW 02, Kelurahan Petojo Selatan menggelar pemerikasaan kesehatan dan pemberian imunisasi Pneumokokus Konyugasi atau PCV, di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Kepala Puskesmas Kelurahan Petojo Selatan Diena Kumalasari mengatakan, pemeriksaan kesehatan balita untuk melihat tinggi dan berat badan anak.

"Selain pemeriksaan kesehatan balita juga ada pengecekan ibu hamil, namun tidak terlalu banyak hanya empat orang. Sedangkan balita ada 122," katanya.

Jika, lanjutnya, dari pemeriksaan ada balita yang dalam waktu 2 bulan beratnya tidak naik-naik maka akan dirujuk ke puskesmas.

"Tadi kita memeriksa tinggi badan, berat badan, lalu ada juga imunisasi PCV bagi balita. Serta pemberian makanan tambahan (PMT)," jelas Diena.

Sementara itu, Lurah Petojo Selatan Rachmat Hidayat berharap kegiatan posyandu balita ini dapat mencegah terjadinya tengkes (stunting) yang ada di wilayahnya.

"Jumlah keseluruhan balita di wilayah Kelurahan Petojo Selatan ada sekitar 638 yang secara rutin perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan," ucapnya.

"Kemarin dari Dasawisma sudah terjun langsung ke tiap rumah warga dan hari ini dari tenaga kesehatan Kelurahan Petojo Selatan," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Petojo Selatan Rinda menambahkan, kegiatan ini sesuai arahan gubernur terkait data Telisik. 

"Data Telisik di Kelurahan Petojo Selatan ada dua dari Nakes dan Dasawisma. Dari Dasawisma sudah selesai dari Minggu lalu. Nah sekarang dari tenaga kesehatan dengan dicek berat badan, dan tingginya," ungkapnya.

"Nanti setelah data terkumpul semua akan dilakukan evaluasi dan program selanjutnya seperti, PMT tambahan lebih atau penyuluhan kepada para ibu dan balitanya," tandas Rinda.