59 HPR di RW 06 Kelurahan Petamburan Divaksin Rabies

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi rabies dengan mendatangi rumah warga. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Badan Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) terus menggelar vaksinasi bagi hewan penular rabies (HPR) baik di kantor kelurahan maupun menggunakan sistem jemput bola dengan mendatangi rumah warga.

Seperti saat pelaksanaan vaksinasi rabies gratis di Pos Kamling RW 06, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Sekretaris Camat Tanah Abang Joko Damaryanto mengaku adanya layanan vaksinasi rabies di setiap kelurahan sangat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan binatang peliharaannya.

“Vaksinasi rabies sangat berpengaruh besar bagi masyarakat yang memiliki hewan liar maupun peliharaan lebih menjaga kesehatannya,” ujar Joko.

Menurutnya, kelurahan dan kecamatan selalu mendukung vaksinasi rabies yang diinisiasi Sudin KPKP dengan cara membantu berkoordinasi dengan RT dan RW setempat. "Alhamdulillah warga masyarakat di wilayahnya mengerti akan pentingnya vaksinasi rabies," ucapnya.

"Warga masyarakat di Kecamatan Tanah Abang saya imbau agar membawa hewan peliharaannya untuk divaksin rabies," imbuhnya.

Datangi Rumah ke Rumah

Pelayananan vaksinasi rabies yang dilakukan oleh Sudin KPKP juga menyasar pada rumah ke rumah di RW 06. Tujuannya untuk menjangkau warga masyarakat yang tidak bisa membawa hewan peliharaannya ke tempat vaksinasi rabies.

Seperti, Bu Erni dan Ci Aming. Mereka berdua tidak bisa membawa hewannya ke tempat vaksinasi karena keterbatasan tenaga serta banyak hewan yang dipelihara.

Menurut bu Erni, pelayanan ke rumah rumah ini sangat membantu dirinya yang memelihara tujuh kucing. Begitu juga Ci Aming yang memelihara 20 kucing dan 5 anjing.

Erni mengaku, sudah memelihara kucing dari 2017 dan baru tahun ini mengikuti vaksinasi rabies.

“Saya pelihara kucing dari tahun 2017. Alhamdulillah tahun ini sudah bisa divaksin rabies, dan ke depannya saya akan ikutin program ini untuk mendukung pemerintah,” ucap Erni.

Sementara itu, Ci Aming salah satu warga di RW 06 tersebut, merasa berterima kasih dengan adanya pelayanan vaksinasi rabies yang databg ke rumahnya.

“Terima kasih banyak, karena kucing dan anjing saya bisa divaksin dirumah kami, karena ga mungkin saya membawa 20 kucing dan 5 anjing saya ke balai RW,” jelas Ci Aming.

Nantinya, baik Ci Aming dan Bu Erni ingin mengikuti program sterilisasi agar kucingnya tidak lagi beranak dan makin bertambah banyak.

“Kalau ada program steril, aku sih mau, karena udah 20 kucing, dan sudah waktunya mereka disteril agar tidak bertambah banyak lagi. Selain itu, untuk kesehatan juga, makanya jika ada program sterilisasi saya juga mau,” ungkap Ci Aming.

Untuk diketahui, Sudin KPKP telah berhasil melakukan vaksinasi bagi HPR di RW 06 Kelurahan Petamburan, dengan mem-vaksin 51 kucing dan 8 anjing.