Asekbang Jakpus Buka Festival Pesta Rakyat di Lapangan Banteng

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan bazar Festival Pesta Rakyat Jakarta di Lapangan Banteng. Foto: Danar Pusung

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting membuka Festival Pesta Rakyat Jakarta yang diselenggarakan di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (23/6).

Bakwan Ferizan Ginting menerangkan, festival ini merupakan sebuah bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sebagian besar makanannya adalah makanan khas Betawi dan Minang.

“Jadi hari kita buka bazar kuliner, dalam rangka HUT Jakarta ke-496 yang diselenggarakan oleh komunitas UKM Jakarta,” ucapnya.

Dia mengungkapkan bahwa acara bazar ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 23-25 Juni 2023 dengan total kurang lebih 77 pelaku UKM.

“Acara akan berlangsung dari tanggal 23-25 Juni. Kurang lebih ada sekitar 77 peserta. Saat ini memang belum begitu ramai, tapi biasanya Sabtu dan Minggu tempat ini dipakai untuk olahraga, jadi kemungkinan akan ramai pengunjung,” ungkapnya.

Selain bazar, juga terdapat atraksi seni dan budaya dalam festival pesta rakyat ini. “Jadi festival ini memang luar biasa ya, karena selain bazar juga terdapat atraksi kesenian seperti, Gambang Kromong, tarian, bintang tamu, juga terdapat palang pintu sebagai budaya khas Betawi,” ujarnya.

Ginting juga berharap, dengan adanya acara ini semakin berkembanglah perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan adanya festival ini, perekonomian masyarakat ikut maju dan berkembang. Dan bagi pedagang maupun pengunjung bisa tetap menjaga ketertiban serta kebersihan Lapangan Banteng,” tutupnya.