Bazar Enterpreneur Lapangan Banteng, Ucu Jamilah: Dukung Pertumbuhan Ekosistem UMKM Lokal

Reporter: Faisal Bintang Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Kurasi produk UMKM di Bazar Jakarta Enterpreneur, Lapangan Banteng. Foto: Malik Maulana

Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta mengadakan kurasi produk UMKM pada Bazar Jakarta Enterpreneur, di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (17/11). 

Kurasi produk merupakan sebuah proses penyeleksian terhadap produk UKM/IKM yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat diekspor/dinaikkan kelasnya. Dengan kurasi produk ini maka status UMKM akan lebih jelas mana yang gradenya bisa naik kelas atau yang belum untuk segera mengikuti.

Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah merasa senang menyambut acara sinergi kewirausahaan dan tentunya kurasi ini menjadi momentum yang penting dalam memperkuat jaringan serta memberikan dukungan bagi UMKM di Jakarta Pusat. 

"Selain produk UMKM juga ada produk dari berbagai universitas yang turut dikenalkan kepada masyarakat, hal ini merupakan wujud dari keragaman produk unggulan UMKM di wilayah Jakarta Pusat," katanya. 

Menurut Ucu, kegiatan ini merupakan upaya Dekranasda dalam mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM lokal. Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga telah banyak mengeluarkan peraturan untuk mendorong penggunaan produk lokal dengan disertai peningkatan kualitas kewirausahaan, baik dari segi SDM, kualitas produk, kreatif, pemasaran, hingga pelayanan yang excellent.

Ucu juga berharap dengan adanya kolaborasi yang dilakukan antara pemuda akademisi dan pelaku UMKM dapat terjalin erat dengan baik.

“Mari bersama sama kita perkuat potensi UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi di Jakarta Pusat. Dan kita juga ikut mengambil bagian bahwa binaan Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat siap untuk mengenalkan produk ke seluruh Indonesia hingga Go-International," tandasnya.