Berdagang di Trotoar, Petugas Gabungan Lakukan Penertiban Kawasan Blok G Pasar Tanah Abang

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat Tumbur Parluhutan Purba. Foto: Maulana

Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, dan PPSU melakukan penataan trotoar yang ditempati para pedagang kaki lima (PKL), di kawasan Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (24/3).

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat Tumbur Parluhutan Purba dalam kesempatan ini menjelaskan, penataan di awal Ramadan ini memang terfokus pada trotoar yang ditempati PKL untuk aktivitas dagangnya.

"Mengantisipasi pelanggaran PKL yang memakai trotoar atau badan jalan. Supaya nanti para pejalan kaki bisa lewat dan tidak menyebabkan kemacetan," ucap Purba didampingi Camat Tanah Abang Dicky Suherlan.

Tumbur pun meminta para PKL agar memberikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk dapat menggunakan haknya di trotoar sebagai jalur khusus pejalan kaki.

"Dagangan tidak melewati garis kuning, supaya jalan ini lancar dan pejalan kaki tidak perlu turun ke jalan karena jalurnya tertutup," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengaku bahwa kawasan pasar Tanah Abang memang memerlukan pengawasan, pengendalian, dan penertiban secara khusus selama bulan Ramadan.

"Terjadi peningkatan ruang gerak atau aktivitas perekonomian pada bulan Ramadan. Untuk itu, kita lakukan penataan trotoar secara persuasif tetap humanis, mengedepankan hal baik, imbauan. Namun, tetap mengedapankan juga ketertibannya," terang Dicky.

"Eskalasi penjagaan akan ditingkatkan. Baik dari Satpol PP maupun Dishub," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini sejumlah barang yang mengganggu fungsi trotoar di kawasan Blok G seperti gerobak, meja, kursi, triplek, diamankan ke dalam truk Satpol PP untuk dilakukan pendataan.

"Kita mengimbau untuk PKL lebih tertib, karena selain aktivitas mereka ada juga hak warga masyarakat, dan tentunya warga lebih berhati-hati beraktivitas di Pasar Tanah Abang dan memperhatikan keamanan," tutup Dicky.