Bunda PAUD Jakpus Terima Kunjungan Studi Tiru Bunda PAUD Baubau

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Kunjungan Bunda PAUD Kota Baubau, di SDK 3 Penabur. Foto: Malik Maulana

Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerima kunjungan Bunda PAUD Kota Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara dalam studi tiru penuntasan stunting dan praktik baik transisi PAUD ke SD, di Sekolah Dasar Kristen (SDK) 3 Penabur, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Selasa (14/11).

Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan, dan peraturan perundangan. 

Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana studi tiru.

Pada kesempatan ini, Ucu Jamilah menyambut baik kunjungan tersebut sebagai sarana untuk berbagi informasi yang nantinya bisa diterapkan di wilayah masing-masing.

"Pertemuan ini juga untuk berbagai informasi apa yang telah dilakukan Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat dari mulai program transisi PAUD ke SD dan cara pencegahan stunting," katanya.

Ucu berharap dengan adanya kunjungan ini dapat menginspirasi tiap wilayah untuk mengembangkan ataupun membuat inovasi baru yang bermanfaat untuk generasi mendatang.

"Semoga ini menjadi silahturahmi yang baik, dan dari hasil sharing kita barusan ada yang bisa dimanfaatkan untuk Kota Baubau kedepannya," ujar Ucu. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah 2 Kota Administrasi Jakarta Pusat Bambang Eko Prabowo menjelaskan mengapa SDK 3 Penabur dipilih menjadi lokasi kunjungan karena telah menerapkan Merdeka Belajar.

"Sekolah ini dipilih karena telah menerapkan yang terbaik mulai dari fasilitas, penerapan kurikulum merdeka yang digabungkan dengan kurikulum sebelumnya semua telah mencerminkan yang terbaik di Jakarta Pusat," tandasnya.