Festival Band Jakpus Digelar Selama 3 Hari di Thamrin 10

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Festival Musik Band, di pusat kuliner Thamrin 10. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Festival Musik Band yang diselenggarakan Sudin Kebudayaan resmi dibuka Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, di pusat kuliner Thamrin 10, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jumat (12/5).

Chaidir mengatakan, pihaknya mengapresiasi para pelajar yang telah berpartisipasi dalam Festival Band Jakarta Pusat (Jakpus) ini.

"Kita mencari talenta baru, generasi penerus dari anak muda, dan juga dengan adanya kegiatan festival ini untuk menggali bakat dari setiap remaja, jadi bakat tersebut tersalurkan secara optimal, sehingga menimbulkan prestasi," ujar Chaidir.

Selain memunculkan prestasi, Chaidir menilai melalui kegiatan festival band ini, pihaknya dapat mereduksi potensi perilaku negatif pemuda di lingkungan masyarakat.

"Dari pada berbuat negatif, lebih baik ikut lomba ini jadi bakatnya berkembang, tersalurkan, dan prestasi juga muncul," lanjutnya.

Chaidir berharap festival band seperti ini dapat diselenggarakan tiap tahun, dan diikuti oleh lebih banyak peserta serta tentunya dapat melahirkan musisi baru yang dapat berkiprah di level nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Nurdin mengungkapkan, pelaksanaan festival musik band tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan dari amanat DPA Sudin Kebudayaan tahun 2023.

Untuk festival ini, lanjut Nurdin, pihaknya menyiapkan sejumlah hadiah yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi peserta.

"Alhamdulilah kami menganggarkan sedemikian rupa sehingga para peserta dalam mengikuti lomba tidak hanya diberikan piagam, tapi juga ada uang pembinaan yang nantinya dapat digunakan untuk mengingkatkan kualitas tim atau grupnya," ujar Nurdin.

Festival yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Mei 2023 diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari tiga kategori yakni pelajar, mahasiswa, dan umum. Yang di mana hari pertama diisi oleh kategori pelajar, hari kedua kategori mahasiswa, dan hari ketiga kategori umum.

Festival hari pertama kategori pelajar dimenangkan oleh grup band Astungkara dari SMAN 1 Jakarta, juara kedua diperoleh grup band Perangko dari SMA Santa Ursula, dan tempat ketiga diraih grup band Bandteng 64 dari SMA Kanisius.