Floraction Taman Lapangan Banteng Dibuka untuk Umum

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (kanan) meninjau pelaksanaan Floraction di Taman Lapangan Banteng. Foto: Audry

Taman Lapangan Banteng merupakan salah satu taman di Jakarta Pusat yang identik dengan kegiatan flora dan faunanya. Seperti pada saat ini, Taman Lapangan Banteng menggelar kegiatan pameran tanaman terlengkap di awal tahun 2023 yaitu Floraction.

Kegiatan Floraction ini secara resmi dibuka langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, di Taman Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Sabtu (4/2) pagi.

Dhany mengatakan, kegiatan ini memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian, kesehatan lingkungan para petani, pedagang, kolektor tanaman, dan pecinta tanaman.

“Dari sisi ekonomi, kegiatan ini dapat menjadi sebuah pasar yang mempertemukan para pedagang dan pembeli dengan kolektor, pecinta tumbuhan, tanaman, dan pohon yang pada akhirnya akan berdampak pada ekonomi petani, sehingga termotivasi untuk mengembangkan budidayanya,” ujar Dhany.

“Sedangkan dari aspek lingkungan, harapannya mereka akan termotivasi setelah melihat begitu indahnya berbagai tanaman dan termotivasi untuk menanam di lingkungan rumahnya,” tambahnya.

Menurut Dhany, kegiatan ini juga seiring dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan penanaman satu juta pohon, sehingga terciptanya Sukses Jakarta untuk Indonesia.

“Ini memberikan pesan dan motivasi bagi warga yang menikmati Lapangan Banteng untuk ikut menanam di pekarangan rumahnya yang dapat berkembang untuk kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan,” ucapnya.

Dhany pun berharap, melalui pameran ini ekonomi petani dan pedagang dapat meningkat. Juga mengajak warga, khususnya di Jakarta Pusat untuk mengunjungi Floraction di Taman Lapangan Banteng.

“Mari datang ke Floraction di Taman Lapangan Banteng. Lalu lihat, beli, rawat, dan kembangkan agar impact-nya bisa kita dapatkan secara keseluruhan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Floraction Dodi Nuryadi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah atau ruang yang dapat meningkatkan perekonomian para pedagang tanaman.

“Jadi mereka berharap ada suatu wadah atau suatu pameran yang dapat dikunjungi para pecinta tanaman dan pengunjung yang juga dapat menciptakan transaksi untuk mereka,” ucapnya.

Dodi pun berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti di sini saja dan dapat terus dilakukan, sehingga dapat meningkatkan ekonomi para pedagang. “Semoga ekonomi mereka terus meningkat dan tidak hanya berhenti di sini saja,” tutupnya.

Sebagai informasi, acara dapat dikunjungi secara gratis dan berlangsung dari tanggal 4-18 Februari 2023 mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Selain pameran tanaman, pada acara ini juga terdapat berbagai macam stan kuliner UMKM.

Acara ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat M Fahmi, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti, dan Camat Sawah Besar Prasetyo.