Gang Gobang Harapan Mulya Raih Penghargaan Utama Pada Malam Puncak Jakarta Lestari 2023

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penghargaan utama Kategori Kampung Sel-BI (Selokan-Budidaya Ikan kepada wilayah Kelurahan Harapan Mulya. Foto: pusat.jakarta.go.id

Gang Gobang Kelurahan Harapan Mulya mendapat penghargaan utama Kategori Kampung Sel-BI (Selokan-Budidaya Ikan) dalam malam puncak penghargaan Jakarta Lestari 2023 yang diinisiasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Taman Literasi Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu (25/2) malam. 

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Harapan Mulya Musa merasa bersyukur dengan penghargaan ini, dan akan menjadi semangat baru untuk warga di Gang Gobang dan akan direplikasi di RW lainnya yang ada di Kelurahan Harapan Mulya.

"Alhamdulillah kita bisa menang, saya pikir Gang Gobang hanya bisa ikut meramaikan ternyata bisa jadi pemenang. Ini bisa jadi semangat baru buat kita, di Harapan Mulya baru ada 2 RW yang memiliki Sel-Bi. Mudah-mudahan kita bisa  mereplikasi di tujuh RW lainnya," katanya saat dihubungi Tim Kominfotik JP, Minggu (26/2).

Musa menuturkan, selokan yang selama ini hanya dibersihkan dirubah mindsetnya menjadi lokasi budidaya ikan.

"Jadi secara ekonomi, sosial, dan ekologi bisa kita manfaatkan. Agar kelestarian lingkungan di Harapan Mulya menjadi lebih terjaga dan sehat," tuturnya.

Sebelumnya, lanjut Musa, Gang Gobang tak lebih dari sekedar gang yang tak terawat, berbau busuk karena banyak sampah dan salurannya pun mampet tidak mengalir dengan baik. Yang kini berubah menjadi lebih tertata. 

"Kini gang gobang berubah secara signifikan setelah adanya penataan menjadi Gang Gobang yang bersih, rapi, ada mural, penghijauan, dan selokan budidaya ikan yang bisa dipanen sebanyak 15 kilo ikan lele. Kemarin sudah kita panen bersama pak camat dan Kasudin KPKP. Selain di Gang Gobang Sel-Bi ini ada di RW 02," ucapnya.

Untuk diketahui, penghargaan Jakarta Lestari merupakan acara yang diselenggarakan IAI Jakarta untuk memperkenalkan dan mengedukasi kalangan arsitek, masyarakat umum, dan beragam institusi mengenai gagasan yang berperan bagi pelestarian dan perbaikan kualitas lingkungan hidup di Jakarta.

Penghargaan Jakarta Lestari merupakan penghargaan pertama yang diprakarsai IAI yang memperlombakan enam kategori antara lain, kategori kampung kota, pelestarian lingkungan, fotografi, dan videografi esai arsitektur.