Gencarkan Penghijauan, Wali Kota Jakpus Lakukan Penanaman 15 Pohon Tabebuya

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penanaman pohon di Jalan Cempaka Putih Tengah. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan penanaman 15 pohon tabebuya, di Jalan Cempaka Putih Tengah, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (27/10). 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kegiatan menanam pohon dilakukan rutin setiap Jumat bertujuan untuk menghijaukan dan memperbaiki kualitas udara di Jakarta Pusat.

“Total ada 15 pohon tabebuya kita tanam di sepanjang Jalan Cempaka Putih Tengah. Penanaman pohan di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan berlangsung secara rutin di hari Jumat," katanya.

Untuk pemeliharaan tanaman lindung tersebut, Dhany memastikan akan dilakukan oleh jajarannya bersama masyarakat. Terutama saat musim kemarau.

“Ada pekerja Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) kelurahan serta kecamatan. Lalu ada PJLP Sumber Daya Air (SDA) yang akan membantu memelihara tanaman yang telah ditanam,” jelasnya.

Menurut Dhany, dari Januari hingga Oktober sudah ada sebanyak 44 ribu pohon telah ditanam di 44 kelurahan di wilayah Jakarta Pusat. Pohon tersebut merupakan hasil kolaborasi antara semua stakeholder maupun dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

“Sudah 44 ribu. Kita akan terus lakukan penanaman pohon di lahan-lahan kosong baik milik pemerintah maupun swasta, hingga Jakarta Pusat agar semakin hijau,” ucapnya.

Selain penanaman pohon, wali kota juga melakukan pengecekan pompa air yang tidak jauh dari lokasi untuk memastikan Jakarta Pusat siap menghadapi musim penghujan yang akan datang.

"Ini merupakan langkah antisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan memastikan Jakarta Pusat terhindar dari banjir mengingat musim hujan akan segera datang," pungkasnya.