Grup Marching Band Meriahkan HBKB Jalan Suryopranoto

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Penampilan marching band di HBKB Jalan Suryapranoto. Foto: Angga Rizkyanda

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Suryopranoto, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Acara yang diawali dengan senam bersama ini juga diisi dengan berbagai stan kuliner, stan pemeriksaan kesehatan, perpustakaan keliling Sudin Pusip, wahana flying fox Sudin Gulkarmat, dan berbagai aktivitas olahraga seperti sepak bola, tenis meja, bersepeda, badminton, dan lainnya.

Tak hanya itu, pada HBKB di Jalan Suryopranoto kali ini dimeriahkan dengan penampilan marching band dari sekolah-sekolah yang ada di Jakarta Pusat yaitu, SDN Cempaka Putih Barat 03, SMPN 39 Jakarta, SDN Sumur Batu 06, SDN Rawasari 02, SDN Cempaka Putih Barat 01, SDN Gunung Sahari Utara 01, SDN Cempaka Baru 05, dan SDN Sumur Batu 12. 

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, HBKB kali ini dalam rangka menampilkan grup marching band sekolah-sekolah yang ada di Jakarta Pusat.

“Kita lihat tadi ada marching band tingkat SD, SMP, dan SMA dari sekolah-sekolah yang ada di Jakarta Pusat. Jadi pada pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan dan saya lihat semuanya bagus,” ujarnya. 

Menurut Iqbal, marching band merupakan salah satu sarana untuk menyalurkan potensi siswa di sekolah, tidak hanya kemampuan individual melainkan juga dapat membentuk karakter tim dan kerja sama.

“Semoga dengan ini siswa tidak hanya terbentuk kemampuan keterampilan individualnya saja, tetapi juga membentuk suatu karakter tim yang dapat menampilkan keserasian dan keseragaman penampilan yang memang butuh kerja sama dan konsentrasi,” ujarnya.

Iqbal juga berharap, HBKB ini menjadi momen untuk menciptakan kualitas udara Jakarta yang lebih bersih.

“Kami mengimbau seluruh warga masyarakat khususnya di Jakarta Pusat untuk dapat memanfaatkan Jalan Suryopranoto, karena momen ini momen sehat dan dipastikan tidak ada asap kendaraan sepanjang HBKB dilaksanakan,” tutupnya.

Turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ishran Prasetyawan, Camat Gambir Andri Ferdian, Wakil Camat Gambir Agus Tri, Ketua TP PKK Kecamatan Gambir Weni Andri Ferdian, dan Lurah se-Kecamatan Gambir.