Gulkarmat Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran di RW 09 Kelurahan Kartini

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran, di Balai RW 09, Kelurahan Kartini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Berada di tengah pemukiman padat penduduk, Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat (Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan) menggelar pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran, di Balai RW 09, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

"Tim Gulkarmat Kecamatan Sawah Besar memberikan wawasan dan pelatihan bagi warga bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran, dan bagaimana cara menanggulanginya serta proses penyelamatan," kata Lurah Kartini Ati Mediana di lokasi.

Menurutnya, RW 09 merupakan pemukiman yang padat penduduk sehingga sangat rentan dengan kebakaran.

Untuk itu, lanjut Ati, kedepannya pihak Sudin Gulkarmat tidak hanya melakukan di RW 09 tetapi bisa dilaksanakan kembali di tiap RW yang ada di Wilayah Kelurahan Kartini.

"Semoga ke depan simulasi ini bisa berlanjut ke RW lain agar warga masyarakat dapat menambah wawasan terkait pengaman kebakaran dan bisa diantisipasi sedini mungkin," ucapnya.

"Diharapkan, jika terjadi kebakaran warga yang telah mengikuti pelatihan ini tidak panik. Sehingga bisa memadamkan api sebelum Gulkarmat datang," imbuhnya.

Sementara itu, Satgas Gulkarmat Kelurahan Kartini Fadil menambahkan, pihaknya memberikan teori Sistem Keamanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) dengan memberikan materi tentang kewaspadaan pencegahan secara dini.

"Pada simulasi ini kita berikan materi SKKL dilanjut teori api, dan diteruskan dengan cara pemadaman tradisional menggunakan karung atau handuk. Lalu kita juga mengajarkan penggunaan APAR (Alat Api Ringan) yang digunakan untuk pemadaman api. Dan APAT ini sudah kita tempatkan di RT-RW," jelas Fadil.

Nantinya, lanjut Fadil, simulasi penanganan kebakaran akan berlanjut ke RW 01 wilayah Kelurahan Kartini.

Fadil juga berharap, bagi warga yang telah mengikuti pelatihan dan simulasi kebakaran nantinya bisa memadamkan kebakaran secara dini sebelum pemadam hadir.