Ini Tempat Favorit Hilangkan Suntuk di Kantor Kelurahan Kartini

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Bersantai sambil melakukan terapi ikan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Memasuki kantor Kelurahan Kartini tepat berada di sisi sebelah kanan ternyata terdapat tempat yang sangat asri, siapapun yang melihat membuat mata menjadi segar dan pikiran menjadi adem.

Terlebih terdapat suara gemericik air dari kolam yang berisi ikan lele, lobster, ikan nila, dan gurame. Serta ada juga tempat bagi kura-kura yang semua kolam diukir seperti tempel batu alam di tembok. 

Selain asri, juga menyehatkan karena terdapat kolam terapi ikan berukuran 2x2 yang diisi oleh ratusan ikan Garra Rufa pemakan sel kulit mati pada kaki yang bisa membuat kulit menjadi halus dan rileks. Tepat di tengah kolam terapi ikan juga terdapat meja dikelilingi tempat duduk yang diukir seperti sebuah batang pohon. 

Semua penataan ini diinisiasi oleh Lurah Kartini Ati Mediana yang sudah berjalan sejak 2 bulan lalu dibantu para ASN dan PPSU. Nantinya, area di samping kanan kantor ini sebagai sarana untuk melakukan koordinasi dengan para jajaran, bertukar informasi, dan berbincang ringan agar semakin solid.

"Ini akan menjadi tempat untuk berkoordinasi, tempat berkumpul, dan bertukar informasi," katanya, saat ditemui di Kantor Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (18/10). 

Ke depan, Ati akan mengajak para ketua RW dan RT mengunjungi tempat ini agar bisa dijadikan contoh untuk dibuat di lingkungannya masing-masing. 

Sementara itu, petugas PPSU Kelurahan Kartini Dani Hartanto yang juga bertanggungjawab atas kebersihan di lokasi ini mengaku tempat ini menjadi favorit karena bisa menghilangkan suntuk dan menjernihkan pikiran.

"Kalo kita lagi suntuk kita kesini bang, ngobrol-ngobrol sama kawan sembari ngopi, ngilangin capek," ucap Dani kepada Tim Kominfotik Jakpus.

"Mudah-mudahan tempat ini juga bisa bermanfaat untuk masyarakat bukan hanya kita orang kelurahan aja," imbuhnya.