Iqbal Akbarudin: Musrenbang Kecamatan Kemayoran Pengusul Usulan Non Fisik Terbanyak

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sidang pleno II musrenbang Kecamatan Kemayoran. Foto: Maulana

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menutup sidang pleno II musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kecamatan Kemayoran, Rabu (1/3).

Iqbal mengatakan sudah final usulan warga Kemayoran yang akan dibawa ketingkat kota dengan jumlah 218 usulan.

"Ini merupakan gabungan usulan dari delapan kelurahan yang ada di Kecamatan Kemayoran yang telah dianggap prioritas sesuai kebutuhan warga," katanya saat ditemui usai menutup sidang pleno II, di Ruang Aula Kantor Kecamatan Kemayoran. 

Menurutnya, Kecamatan Kemayoran merupakan wilayah pengusul usulan non fisik terbanyak se-Jakarta Pusat dengan 8 usulan non fisik.

"Ini membuktikan bahwa warga, RT-RW memanfaatkan peluang yang ada dari tujuh pengampu pemberdayaan masyarakat melalui program Jakpreneur, kita juga ingin meningkatkan kemampuan dan keahlian untuk bersaing di dunia usaha yang semakin kompetitif," ucapnya.

Iqbal menuturkan, dalam musrenbang tahun ini melibatkan Forum Anak Jakarta, Forum Perempuan, Forum Penyandang Disabilitas dalam memberikan usulan-usulan perencanaan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat.

"Jadi tidak hanya masyarakat umum tetapi juga melibatkan anak-anak, penyandang disabilitas dan kaum perempuan. Selain itu, juga ada penambahan pelayanan dari Sudin Sosial yaitu pengadaan alat bantu dengar," tuturnya.

Iqbal menambahkan kedepannya sinergitas antara UKPD dengan masyarakat dan dunia usaha untuk menata sebuah kawasan akan semakin baik.

"Saya cukup puas dengan usulan dari masyarakat Kemayoran, ini potensial sekali untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan kualitas masyarakat, ini juga berpotensi membawa sukses Jakarta untuk Indonesia," tutupnya.