Jakpus Raih Penghargaan Kreasi Stan Terbaik Flona 2023

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko menerima penghargaan Kreasi Stan Terbaik Flona 2023. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat raih stan terbaik dalam Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2023 di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar. 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin sekaligus menandakan berakhirnya pameran Flona 2023.

Alhamdulillah kami menerima penghargaan Kreasi Stan Terbaik dalam penilaian Stan Instansi Pameran Flora dan Fauna 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta,” kata Iqbal Akbarudin usai menerima penghargaan, Senin (16/10). 

Menurut Iqbal, penghargaan yang diterimanya berbentuk plakat dan piagam. Penghargaan ini merupakan kedua kalinya diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat sejak 2019 lalu.

“Ini merupakan hasil dari sinergitas para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jakarta Pusat yang bersama-sama memikirkan, mengkonsep sehingga terbangunnya stan ini selama Pameran Flona berlangsung," ucapnya. 

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Tamhut) Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menambahkan, stan yang dibuat Jakarta Pusat mengusung tema “Refleksi”. Tema itu dipilih karena wilayah Jakarta Pusat merupakan refleksi dari sebuah pusat kota yang di dalamnya ada perpaduan warna biru dan hijau serta gedung bertingkat.

“Kami juga mengangkat isu polusi udara dengan membuat tirai air. Tirai ini berfungsi menangkap polutan,” imbuhnya.

Mila menjelaskan, stan yang memiliki luas 100 meter persegi tersebut setiap hari biasa dikunjungi sedikitnya 100 orang, sedangkan saat akhir pekan dikunjungi lebih dari 200 orang.

“Kalau di hari libur kita bisa lebih dari seratus. Pencapaian penghargaan ini membuat kami senang dan bangga untuk menampilkan lebih baik lagi,” pungkasnya.