Jelang Idulfitri, Kelurahan Kartini Cek Ketersediaan Daging di Pasar Timbul

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan ketersediaan daging ayam dan sapi di Pasar Timbul. Foto: Maulana

Menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023, Kelurahan Kartini bersama Kasatpel KPKP, serta jajaran kecamatan, melakukan pengecekan sekaligus, memastikan ketersediaan daging ayam dan sapi di Pasar Timbul.

Pengecekan ini mengacu pada konsep ASUH yaitu Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. Karena daging yang diinginkan oleh konsumen yaitu, daging yang terjamin keamanannya dan kehalalannya.

"Kegiatan ini merupakan monitoring terkait ketersediaan daging hewan dengan konsep ASUH," ucap Lurah Kartini Ati Mediana di lokasi. 

Menurutnya, ada enam kriteria yang dinilai dalam pengecekan kali ini di antaranya, peralatan yang digunakan, tempat penjualan, penanganan hama, rantai dingin, higiene personal, dan sampel yang dicurigai.

Dari enam kriteria tersebut, lanjutnya, terdapat satu kriteria yang masih kurang diperhatikan oleh para pedagang daging yaitu, rantai dingin.

"Dari beberapa kriteria yang perlu diperhatikan di sini yaitu rantai dingin, karena para pedagang tidak menggunakan es batu atau mesin pendingin untuk menampung daging yang diperjualbelikan", katanya. 

Dalam tinjauannya ke beberapa kios, Ati mengaku bahwa daging yang dijual oleh para pedagang dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

"Dari beberapa item yang dicek tentunya kita menginginkan proses rantai dingin ini diperhatikan, dari asalnya hewan yang diperdagangkan sampai ketempat penjualan tetap menggunakan cool box ice atau freezer," tutupnya.