Job Fair Thamrin City, Sudin Nakertransgi Jakpus Siapkan 5.031 Lowongan Kerja

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Job fair di Thamrin City. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) menggelar pameran bursa kerja (job fair) pada tanggal 16-17 Mei 2023, di Mal Thamrin City, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (16/5).

Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Sudrajad mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta menerangkan jumlah pengangguran di Jakarta pada tahun 2022 adalah sebesar 7,18 persen, sedangkan untuk wilayah Jakarta Pusat sebesar 5,88 persen.

Hal tersebut, lanjutnya, disebabkan adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja.

"Sebagai solusi permasalahan tersebut Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat perlu menyelenggarakan kegiatan pameran bursa kerja guna memfasilitasi pertemuan antara kedua belah pihak, baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja," ujar Sudrajad di lokasi.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini dapat mempercepat pertemuan antara kedua belah pihak baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja atau perusahaan, yang diharapkan dapat terjadi penempatan tenaga kerja sekaligus mengurangi tingkat pengangguran di DKI Jakarta.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mendukung kegiatan bursa kerja yang digelar oleh Sudin Nakertransgi. 

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini banyak warga Jakarta Pusat yang terserap kerja di berbagai perusahaan yang telah disediakan.

"Tentunya kita menyambut baik, harapan kita supaya betul-betul warga masyarakat yang khususnya Jakarta Pusat bisa memanfaatkan momentum ini karena hanya 2 hari nih ya, hari ini, dan besok," ucapnya.

Asekbang menambahkan, selain pameran bursa kerja terdapat pameran Jakpreneur binaan Sudin Nakertransgi yang ditargetkan dapat meningkatkan minat pencari kerja untuk berwirausaha.

"Ya jadi, tidak hanya bekerja di kantoran saja tapi juga sebagai Jakpreneur bisa mengembangkan atau membuka lapangan kerja," imbuhnya.

Dalam kegiatan bursa kerja ini, Sudin Nakertransgi membuka 5.031 lowongan kerja yang terdiri dari 40 perusahan yang ada di DKI Jakarta yang ditargetkan sebanyak 4.000 pencari kerja hadir dalam pameran bursa kerja tersebut.