Kecamatan Senen Jadi Tempat Ketujuh Road Show Majelis Musyawarah Pancasila

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Road show Majelis Musyawarah Pancasila (MMP) di Kecamatan Senen. Foto: Maulana

Road show Majelis Musyawarah Pancasila (MMP) di wilayah Jakarta Pusat kini telah berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Senen, Kamis (27/7).

Kegiatan ini akan berlangsung di 44 Kecamatan di seluruh DKI Jakarta dan untuk di Kecamatan Senen sudah tempat ke tujuh yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Cempaka Putih, Gambir, Sawah Besar, Tanah Abang, dan Kemayoran.

"Kecamatan Senen menjadi tempat ketujuh road show MMP dan terakhir nanti akan berlangsung di Kecamatan Menteng," kata Koordinator MMP Apik Saiman.

Apik mengungkapkan, nantinya di setiap Sekretariat RW menjadi Rumah Bersama Pancasila dengan mengedukasi setiap warga yang datang ke Sekretariat RW membaca Pancasila yang hampir semua orang telah lupa sila Pancasila. 

"Kita juga akan membuat Gedung Semesta Pancasila yang berbasis kepada pengembangan Pancasila baik tentang riset, kaderisasi, dan sebagainya. Ini semua dalam rangka membangkitkan kembali Bangsa Indonesia dimulai dari bangkitnya Pancasila yang dimulai dari masyarakat," ucapnya.

Adanya kegiatan ini, lanjut Apik, akan membuat Pancasila bukan hanya selogan tetapi benar-benar hadir di tengah masyarakat.

"Semoga Pancasila bisa hadir di tengah masyarakat bukan hanya selogan, simbol, dan jargon tetapi suatu tindakan yang nyata untuk memperkuat keberagaman Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Dewan Kota (Dekot) Kecamatan Senen Sanusi mengapresiasi program MMP dalam membumikan Pancasila. 

"Saya berharap agar Pancasila terus digaungkan dan disosialisasikan dan diterapkan di wilayah Kecamatan Senen," tuturnya. 

Untuk diketahui, materi road show pada hari ini ialah, Pancasila di Tengah Kepungan Ideologi Dunia. Yang dibawakan oleh narasumber Silvester Matutina.

Kegiatan ini turut dihadir, Wakil Camat Senen Raviandri, FKDM, LMK, RT-RW, Dasawisma, PKK, Karang Taruna, dan jajaran terkait lainnya yang ada di kelurahan wilayah Kecamatan Senen.