Kecamatan Tanah Abang Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun dari Eco Enzyme

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Iman

Pelatihan pembuatan eco enzyme. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kecamatan Tanah Abang mengadakan pelatihan membuat sabun yang dari Eco Enzyme untuk 75 ASN kecamatan, kelurahan, Satpol PP, dan Sudin Perhubungan Jakarta Pusat. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serba Guna kantor Kecamatan Tanah Abang, Rabu (15/11).

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan, praktik pembuatan sabun dari eco enzyme ini merupakan salah satu kegiatan positif ASN dalam mengubah nilai ekonomis sampah.

“Kegiatan ini bermula dari niat kami dalam pengurangan sampah. Eco enzyme ini sendiri berasal diantaranya dari sampah buah-buahan dan sayur-sayuran,” ungkap Dicky.

Disela-sela pelatihan Dicky juga menambahkan kegunaan eco enzyme sebagai pupuk tanaman.

Terakhir Dicky berharap kegiatan ini dapat membuka peluang usaha warga Kecamatan Tanah Abang, dan pengembangan wirausaha untuk Go Enterpreneur.

"Inginnya di kecamatan Tanah Abang ini ada manajerialnya, itu yang sedang saya pikirkan. Siapa yang membuatnya, sampai siapa yang memasarkannya, misalnya ada keuntungan itu dapat kita gunakan bersama,"tutup Dicky.

Pembuatan sabun dari eco enzyme dimentori oleh Yanti Mulyanti yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanah Abang.