Kegiatan Pra Bencana Kunci Utama Pendeteksian Dini

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) di Jakarta International Expo. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) di Jakarta International Expo (JIExpo) Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Dhany Sukma mengungkapkan Rakornas bertajuk "Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana" yang dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan terutama mengenai penanggulangan bencana, yang tidak hanya saat kejadian bencana tetapi yang terpenting ialah kegiatan sebelum atau pra-bencana.

"Kegiatan pra-bencana ini seperti, edukasi, pelatihan-pelatihan, dan pendeteksian secara dini merupakan kunci utama. Jadi, tidak hanya fokus pada pelaksanaan kejadian saja tetapi pra-bencana," ungkapnya.

Menurutnya, di wilayah Jakarta Pusat untuk tanggap bencana dan antisipasi bencana secara struktur sudah tersusun mengikuti kebijakan provinsi.

"Kita sudah lakukan sosialisasi, edukasi dan penguatan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana, respon time dalam penanganannya, itu sudah ada target kinerja, genangan surut dalam waktu 6 jam," ucapnya.

"Selanjutkan Informasi ini akan kita sampaikan kepada lurah dan camat di wilayah," tutupnya.