Kegiatan Serap Aspirasi Dekot Mudahkan Warga Sampaikan Masukan

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Serap Aspirasi Dewan Kota, di kantor Kelurahan Rawasari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ishran Prasetyawan menjelaskan, kegiatan serap aspirasi ini merupakan sebuah kolaborasi antara wali kota dengan dewan kota, dan unsur kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

“Jadi, ini merupakan kolaborasi antara Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Dewan Kota Jakarta Pusat yang bertujuan untuk mendengarkan aspirasi atau harapan warga," ujar Ishran saat memimpin jalannya Serap Aspirasi Dewan Kota, di kantor Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

Nantinya, lanjut Ishran, setiap aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti dengan unsur-unsur terkait.

"Jadi, setiap aspirasi dari masyarakat, akan ditindak lanjuti bersama seperti, contoh tadi warga bertanya soal zonasi sekolah, maka akan langsung dijawab oleh Sudin Pendidikan, begituoun pertanyaan soal kependudukan, maka Sudin Dukcapil yang akan menerangkannya. Apabila ada yang tidak terselesaikan, maka akan dilanjutkan ke tingkat provinsi,” jelas Ishran didampingi Camat Cempaka Putih Fauzi dan Lurah Rawasari Arief Biki.

Ishran juga berharap bahwa banyaknya kanal-kanal penyampaian aspirasi seperti ini bisa memudahkan warga untuk mendapatkan jawaban atas setiap pertanyaan.

“Semakin mudah warga menyampaikan aspirasinya, maka diharapkan respon time untuk menyelesaikan aduan masyarakat pun bisa lebih cepat, karena apabila kita bisa selesaikan maka akan langsung kita selesaikan saat ini juga,” tutup Ishran.

Sementara itu, Camat Cempaka Putih Fauzi mengapresiasi kegiatan kolaborasi antara Wali Kota Jakarta Pusat dengan Dewan Kota Jakarta Pusat.

Menurut Fauzi, adanya kegiatan ini sangat penting, karena lewat acara ini warga bisa bertanya tanpa ada rasa canggung.

“Saya atas nama kecamatan Cempaka Putih mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada wali kota beserta jajarannya dan juga dewan kota karena sudah memfasilitasi dialog interaktif antara masyarakat dengan dewan kota sebagai perwakilan masyarakat di pemerintahan,” ujar Fauzi. 

Nantinya, Fauzi menginginkan, dialog ini tidak hanya sampai di sini, melainkan ada bentuk komunikasi interaktif lainnya yang mungkin sifatnya tidak bersifat informal.

“Kami berharap ada event lainnya yang bisa menjadi media untuk masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada dewan kota, apalagi kalau bentuknya tidak bersifat informal," tutur Fauzi. 

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Ardi menambahkan, acara serap aspirasi dewan kota akan dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Jakarta Pusat.

“Jadi, pelaksanaannya dari awal Mei sampai dengan awal Juni, kita akan adakan acara ini di seluruh kecamatan se-Jakarta Pusat,” ujarnya. 

Ardi juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, bisa membantu masyrakat menyelesaikan setiap permasalahan.

“Jika memang memungkinkan untuk diselesaikan di kecamatan, maka akan dituntaskan di kecamatan, apabila memang butuh kebijakan lebih akan kita sampaikan ke tingkat yang lebih atas, baik wali kota ataupun provinsi,” terang ardi

Untuk diketahui, dalam Serap Aspirasi Dewan Kota di Kecamatan Cempaka Putih ini merupakan kegiatan kedua setelah dilakukan pertama kali di Kecamatan Menteng.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri unsur RT, RW, LMK, FKDM, dan perwakilan elemen masuarakat lainnya.