Kelurahan Galur Tata Kawasan Jalan Biduri

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan di Jalan Biduri RT 01/ RW 02, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Galur melakukan penataan kawasan triwulan pertama tahun 2023 di Jalan Biduri RT 01/ RW 02, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (10/4). 

Lurah Galur Atik Kusmiati mengatakan, penataan kawasan tersebut telah dilakukan selama 3 bulan yang lalu, dan hari ini sudah selesai.

“Jadi kami melakukan penataan di Jalan Biduri ini, di mana sebelumnya kawasan ini terlihat kotor dan tidak tertata," ujar Atik. 

Dalam penataan kawasan Jalan Biduri, lanjutnya, melibatkan personil pasukan oranye (PPSU) serta dibantu oleh swadaya masyarakat.

“Untuk pengerjaan kurang lebih ada 10 personil PPSU dan dibantu oleh warga masyarakat sekitar," ucap Atik. 

Menurutnya, penataan kawasan seluas 100 meter sempat mengalami kendala dengan adanya penolakan dari masyarakat karena, ditakutkan sulitnya masuk kendaraan warga.

“Sempat ada penolakan. Namun, kami lakukan musyawarah dan secara persuasif kami dengarkan pendapat dari masyarakat. Alhamdulilah akhirnya masyarakat setuju," jelas Atik. 

Atik menerangkan, penataan kawasan selain untuk mempercantik lingkungan juga untuk meminimalisir terjadinya tawuran antar warga.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan Jalan Biduri yang telah ditata menjadi indah, rapi, dan tertata. Bersama kita menjaga dan memeliharanya. Sehingga tidak lagi terjadi tawuran di wilayah ini karena lingkungannya sudah adem serta asri," Atik mengungkapkan. 

Untuk diketahui, dalam penataan tersebut bekerja sama dengan SKPD terkait seperti, Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota. 

Penataan tersebut sudah terdapat, kolam gizi, mural, taman, lampion, dan kanstin yang telah dicat.