Kelurahan Harapan Mulya Serahkan Bantuan Alat Pengelolaan Sampah Kepada Sembilan RW

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Kelurahan Harapan Mulya menyalurkan sembilan paket bantuan penunjang BPS RW. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Harapan Mulya menyalurkan sembilan paket bantuan ke sembilan RW berupa alat penunjang Badan Pengolahan Sampah (BPS) di RPTRA Harapan Mulya, Jalan LKR Sukasari, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Harapan Mulya Musa mengatakan, tujuan pembagian alat tersebut untuk perkuatan pengurangan sampah di lingkup RW sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 77 Tahun 2020.

"Barang kita terima dan diserahkan langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk dibagikan ke sembilan RW Kelurahan Harapan Mulya serta untuk perkuatan pengurangan sampah di lingkup BPS RW sesuai dengan Pergub," kata Musa

Menurut Musa, di Kelurahan Harapan Mulya pengolahan sampah sudah berjalan optimal dikarenakan ada tiga bank sampah RW dan ada dua lokasi digunakan untuk budidaya maggot (belatung) dalam pengolahan sampah organik juga non organik.

"Kurang lebih satu RW bisa menghasilkan satu ton sampah, karena didukung tiga bank sampah yaitu Bank Sampah Singgih, Mulia Geboi, Komplek logam, dan ada dua lokasi untuk budi daya maggot melalui sampah organik maupun non organik," tutur Musa. 

Adanya aplikasi Harmul Eco Village, lanjut Musa, masyarakat di Kelurahan Harapan Mulya sangat antusias dalam pengelolaan sampah karena dapat menambah percepatan perhitungan transaksi nilai ekonomis.

"Sangat antusias masyarakat di Kelurahan Harapan Mulya apalagi didukung aplikasi Harmul Eco Village yang dapat menambah percepatan perhitungan transaksi nilai ekonomis dari sampah" jelasnya

Musa menerangkan bahwa Aplikasi Harmul Eco Village ini merupakan satu inovasi yang dibuat oleh Kelurahan Harapan Mulya terkait pengelolaan Kampung Kota yang berkelanjutan

"Aplikasi Harmul Eco Village merupakan satu inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan Harapan Mulya terkait pengelolaan Kampung Kota yang berkelanjutan. Jadi di dalam aplikasi tersebut ada kanal seperti, pemilihan sampah, budi daya maggot, kolam asa, Selbi (Selokan budi daya ikan) dan Aura (argo urban farming)"terangnya

Sementara itu, Staf Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Kemayoran Sahrum mengatakan, kegiatan penyaluran bantuan penunjang BPS di Kelurahan Harapan Mulya baru pertama kalinya dan ada sembilan jenis barang yang diberikan.

"Kita menyalurkan di Kelurahan Harapan Mulya ini ada sembilan jenis barang berupa, 1 unit timbangan gantung, 1 unit timbangan duduk, 2 unit Tong Komposter, tong sampah beroda 1 unit, tong sampah 1 unit, gerobak sampah 1 unit, 1 unit ember plastik 40 buah, EM4 (Effective Microorganism 4) 2 botol dan 1 unit karung plastik sebanyak 100 karung," tandasnya.